4 Fakta Menarik Bukit Soeharto, Kawasan Konservasi Hutan di Kalimantan Timur

Pernah dengar Bukit Soeharto? Berada di Kecamatan Samboja, Kalimantan Timur, bukit ini merupakan sebuah kawasan konservasi hutan. Bukit ini digunakan sebagai tempat untuk melindungi aneka jenis pohon dan satwa yang ada di wilayah ini dari kepunahan. Ditetapkan sebagai kawasan konservasi di tahun 1991, bukit ini akhirnya menyandang julukan Taman Hutan Raya atau Tahura pada tahun 2004.

Kawasan bukit ini dulunya menjadi kebanggaan Indonesia, namun beda halnya dengan sekarang, kawasan taman hutan ini kini terbengkalai dan kondisinya mulai rusak. Tidak hanya itu, ada beberapa fakta menarik lainnya, antara lain yaitu:

  1. Berstatus Taman Hutan Raya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kawasan ini menyandang status sebagai Tahura pada tahun 2004 karena adanya pembaruan peraturan.

  1. Sudah Tidak Lagi Asri

Kondisi tempat ini tidak lagi asri seperti dulu, di mana sebagian lahan tampak gundul dan pohon-pohon banyak yang tumbang. Tidak hanya itu, bangunan semi permanen juga banyak didirikan di kawasan ini.

  1. Dimanfaatkan Sebagai Hutan Pendidikan

Di kawasan ini terdapat Pusat Reintroduksi dan Rehabilitasi Orangutan serta hutan pendidikan Universitas Mulawarman.

  1. Kental dengan Cerita Mistis

Berbagai cerita mistis berkembang diantara warga setempat, di mana tempat ini dipercaya kerap meminta tumbal.

Itulah beberapa fakta menarik terkait Taman Hutan Raya Bukit Soeharto. Terlepas dari fakta tersebut, kawasan ini tetaplah sebuah lokasi konservasi yang pengelolaannya seharusnya terus dilakukan dan dijalankan dengan baik.