Kehadiran Facebook Indonesia

Sosial media atau yang lebih dikenal dengan sosmed sekarang ini sudah menjadi bagian dari rutinitas masyarakat indonesia. Karena kehidupan masyarakat indonesia sekarang ini tidak bisa terlepas dari yang namanya sosial media. Facebook menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. Bahkan hampir setiap orang di indonesia memiliki akun facebook masing masing.

Facebook sendiri ditemukan oleh sorang berkebangsaan amerika serikat bernama mark zuckerberg dan dirilis pada tahun 2004 yang hanya diperuntukan untuk para mahasiswa di harvard university. Facebook sendiri bisa diakses secara umum oleh setiap orang mulai tahun 2006 hingga saat ini. Sekarang ini jumlah pengguna facebook di seluruh dunia sudah melebihi 1 milyar.

Kapan Facebook Masuk Ke Indonesia

Perlu diketahui bahwa indonesia merupakan negara dengan pengguna facebook terbesar ke dua di dunia dengan total pengguna mencapai 35 juta. Tentunya hal tersebut menjadi salah satu tolak ukur bagi facebook untuk mendirikan kantor cabbang di indonesia. Karena pihak facebook melihat bahwa indonesia merupakan pangsa pasar yang sangat potensial.

Facebook sendiri resmi membuka kantor cabang di indonesia pada tanggal 14 agustus 2017. Tentunya di bukanya kantor cabang facebook di indonesia tidaklah melalui proses yang singkat tetapi sudah melalui proses yang sangat panjang. Karena perencanaannya sudah dilakukan sejak tahun 2011 setelah facebook membuka kantor cabang di singapura.

Masyarakat indonesia sendiri mulai mengenal facebook saat memasuki tahun 2007. Di awal kemunculannya facebook mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat indonesia. Dan seiring berjalannya waktu facebook terus melakukan berbagai inovasi yaitu dengan menambahkan berbagai fitur yang terdapat pada facebook.

Banyaknya berbagai fitur baru yang di sematkan pada facebook membuat masyarakat menjadi tidak bosan ketika menggunakan facebook dan hasilnya sampai saat ini jumlah pengguna facebook di indonesia semakin meningkat. Dahulu salah satu kendala yang di hadapi pengguna facebook di indonesia adalah masalah jaringan yang lelet dan penggunaan android versi lama di smartphone.

Melihat hal tersebut facebook memberikan satu solusi yaitu dengan diluncurkannya aplikasi facebook lite. Penggunaan facebook lite ini memang ditujukan untuk orang orang yang android smartphone nya masih versi lama atau juga mereka yang tinggal di daerah susah sinyal. Sehingga setiap orang masih bisa untuk menggunakan facebook di manapun mereka berada.

Di indonesia hampir setiap kalangan masyarakatnya menggunakan dan memiliki akun facebook masing masing mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, anak anak, orang dewasa dan bahkan orang tua. Sehingga tidak heran apabila indonesia berada di urutan kedua dalam hal jumlah pengguna facebook. Tentunya dengan semakin banyaknya fitur fitur baru yang di luncurkan oleh facebook diharapkan jumlah pengguna facebook akan semakin bertambah setiap harinya.

pexels.com

Kegunaan Facebook Untuk Masyarakat Indonesia

Banyaknya pengguna facebook di indonesia tentunya bukanlah tanpa sebab. Karena memang masyarakat melihat bahwa penggunaan Hack FB ini bisa memberikan banyak manfaat apabila digunakan dengan bijak. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan di dapatkan oleh masyarakat apabila menggunakan facebook dengan lebih bijak.

  1. Sarana untuk tetap terhubung

Facebook bisa digunakan sebagai sebuah sarana agar kamu tetap terhubung dengan taman lama meskipun berbeda wilayah. Karena seperti yang kita tahu bahwa facebook merupakan sebuah media online yang dimanfaatkan sebagai sarana pergaulan sosial sehingga setiap orang tetap bisa terhubung. Apalagi facebook sekarang ini telah dilengkapi dengan fitur masangger yang memungkinkan setiap pemilik akun untuk mengirim pesan.

  1. Mencari teman baru

Selain bisa tetap terhubung dengan teman lama, dengan menggunakan facebook maka kamu juga bisa memperluas pergaulan kamu dengan menambahkan pertemanan di facebook. Tentunya semakin banyak jumlah pertemanan yang terdapat di akun facebook kamu maka akan semakin bagus. Tetapi dalam hal menambahkan pertemanan pastikan kamu memilih dengan bijak.

pexels.com
  1. Alat pemasaran yang baik

Seiring dengan berjalannya waktu banyak grop grop yang di buat sebagai sarana untuk jual beli. Melihat hal tersebut facebook membuat fitur online shop pada tampilan menu. Sehingga pengguna facebook bisa lebih mudah untuk melakukan transaksi juga beli tanpa harus bergabung terlebih dahulu pada sebuah grop jual beli.

Apabila fitur jual beli tersebut dimanfaatkan dengan sebaik baiknya maka facebook bisa menjadi salah satu sarana pemasaran dengan pangsa pasar yang super luas. Tentunya hal tersebut akan mendukung para pegiat UMKM untuk lebih mengembangkan sayapnya di dunia usaha.

  1. Sarana hiburan

Selain bisa digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi dan berinteraksi tetapi facebook juga bisa digunakan sebagai sarana hiburan. Karena sekarang ini dengan menggunakan facebook maka kamu bisa melihat berbagai konten baik itu berupa tulisan, foto dan bahkan vidio dari para kreator. Selain itu, sekarang ini juga sudah ada fitur game yang di sematkan dalam menu facebook.

Dengan adanya menu game yang di sematkan di facebook tentunya akan membuat setiap orang akan menjadi lebih mudah apabila ingin mencari hiburan di facebook. Apalagi selain game berbagai vidio yang terdapat di facebook juga sangat banyak yang bisa dipilih sesua dengan minat penonton.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top