Bagaimana Cara Budidaya Cabe Merah

Salah satu komoditas sayur yang cukup menjanjikan bagi para petani adalah cabe. Hal tersebut tentu tidak lepas dari harga cabe yang cukup tinggi bahkan di waktu tertentu harga cabe bisa melambung sangat tinggi.

Disisi lain cabe merupakan salah satu tanaman yang cukup rentan terserang hama. Oleh karena itu dibutuhkan pengalaman yang baik serta perhatian yang lebih untuk bisa membudidayakan cabe.

Bagi kalian yang ingin mencoba membudidayakan cabe khususnya cabe merah. Dibawah ini ada beberapa informasi mengenai apa saja yang harus dilakukan atau dipersiapkan untuk membudidayakan cabe merah.

Memilih Benih Cabe Merah

Cabe merah yang ada di Indonesia umumnya terdiri dari cabe merah besar dan kecil. Untuk bisa mendapatkan bibit cabe merah bisa dilakukan dengan cara membeli di toko benih dan juga bisa juga dengan cara membuat benih sendiri.

Untuk mendapatkan cabe yang berkualitas tidak ada salahnya untuk menggunakan benih cabe hibrida yang berasal dari industri benih terpercaya. Karena benih tersebut sudah diproses dengan teknologi pemuliaan modern sehingga kalian tidak perlu lagi memilih atau menyeleksi benih cabe tersebut.

Penanaman bibit

Sebelum bibit cabe ditanam di area persawahan ataupun perkebungan, biasanya akan dilakukan penyemaian terlebih dahulu. Setelah bibit cabe berusia 3 minggu atau memiliki daun sebanyak 3 sampai 4 helai, baru bibit siap dipindahkan ke persawahan ataupun perkebunan.

Sebaiknya penanaman dilakukan pada pagi hari ataupun siang hari untuk menghindari stres pada tanaman cabe yang akan dipindahkan. Selain itu jangan lupa juga untuk disiram dan diberi pupuk.

Pemanenan cabe

Tanaman cabe sendiri sudah mulai bisa dipanen setelah cabe berumur 75 hingga 85 hari dari awal penanaman. Untuk proses pemanenanya juga memiliki teknik yang berbeda tergantung jenis varietas cabe tersebut.

Cabe yang siap dipanen biasanya berwarna oren sampai merah. Untuk memperpanjang waktu simpan cabe supaya cabe tidak cepat busuk, pada saat memetik usahakan dipetik dengan tangkainya sekaligus. Pada lahan seluas 1 hektar biasanya bisa menghasilkan 10 hingga 14 ton cabe merah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top