Gunakan Armaflex AC untuk Atasi Masalah Kondensasi

Masalah yang bisa dikatakan sangat umum terjadi pada perangkat AC di rumah salah satunya adalah adanya kebocoran. Air menetes ini sendiri bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, salah satunya adalah masalah kondensasi berlebihan. Cara yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah seperti kebocoran ini adalah dengan memperbaiki lapisan armaflex AC yang ada.

Masalah AC Bocor yang Merugikan Bahkan Membahayakan

Masalah yang biasanya dibahasakan dengan AC bocor ini memang bisa sangat mengganggu pengguna. Tetesan air bisa saja jatuh di atas atas tempat tidur atau bahkan lebih parah mengenai perangkat elektronik lainnya di rumah. Tentu saja kondisi seperti ini bisa sangat merugikan bahkan membahayakan jika tidak mendapat penanganan yang tepat dan cepat.

Diperlukan ketelitian untuk mencari darimana sumber bocoran air pada perangkat AC. Hal ini karena biasanya titik kebocoran ada di lokasi yang tidak terlihat langsung. Tanda seperti jamur maupun bercak noda di plafon biasanya menjadi tanda pertama yang bisa diketahui oleh pengguna saat suatu kebocoran terjadi. Pada kondisi yang lebih parah, tetesan air juga akan menetes hingga ke ruangan.

Faktor Penyebab Tetesan Air dari Perangkat AC

pixabay.com

Nah apabila Anda mengalami masalah AC yang meneteskan air seperti ini, berikut beberapa penyebab yang mungkin bisa Anda periksa sendiri di rumah, diantaranya;

Saluran Pembuangan Air yang Tersumbat

Adanya tetesan bisa menjadi pertanda adanya gangguan pada saluran pembuangan air. Gangguan ini umumnya disebabkan oleh kotoran di unit indoor. Kotoran yang menjadi biang penyumbatan ini bisa berasal dari debu dan lain sebagainya yang kemudian menyumbat aliran pembuangan tetesan air yang seharusnya menuju saluran pembuangan. Air yang terjebak kemudian akan meluap dan menetes dari unit indoor.

Talang yang Mampet

Bagian yang juga kadang luput dari perhatian adalah bagian talang belakang yang merupakan muara dari saluran pembuangan. Wajar saja karena untuk memeriksa talang ini, pengguna perlu melepas lalu menurunkan unit indoor mereka. Biasanya pembersihan ini akan dipercayakan kepada teknisi AC untuk keperluan perawatan.

Teknisi akan melepas pipa sambungan untuk dapat melepas unit indoor dari rangkaian instalasi AC. Setelah unit indoor turun, talang akan disemprot hingga kotoran yang ada di penampungan tersebut benar-benar bersih.

Masalah Kondensasi di Pipa

Kondensasi merupakan hal yang normal pada perangkat AC. Namun apabila terdapat masalah, maka hal ini juga bisa memicu tetesan air yang kemudian disebut dengan kebocoran.

Masalah ini disebabkan karena adanya perbedaan suhu yang terlalu tinggi antara bagian dalam pipa terhadap suhu luar. Dalam kasus ini, pipa yang berisi freon memiliki suhu yang dingin, sementara suhu di atap sangat panas karena musim kemarau, misalnya.

Untuk mencegah selisih suhu ini, instalasi pipa biasanya menggunakan armaflex AC untuk mengendalikan kondensasi. Lapisan pelindung pipa AC ini dapat mencegah terjadinya pengembunan yang tidak diinginkan. Embun yang biasanya menetes ini bisa merusak pipa karena dapat memicu terjadinya korosi apabila terus dibiarkan.

Lapisan Pelindung Pipa

Apabila instalasi AC di rumah Anda sudah berumur sekitar 5 tahunan, maka sudah seharusnya lapisan pembungkus pipa AC ini diperiksa dan dipastikan kondisinya. Masa pemakaian ini biasanya lapisan armaflex sudah mulai berkurang kualitasnya. Anda bisa mencari harga jual armaflex lembaran yang lebih terjangkau untuk keperluan perbaikan pada sistem yang ada.

Masalah AC bocor ini dapat diatasi dengan penggantian pembungkus pipa dengan yang baru apabila kualitas lapisan terdahulu sudah mulai berkuran kemampuannya.

Perlu diketahui pula bahwa proses pemasangan armaflex ini sebaiknya dilakukan oleh teknisi profesional agar didapatkan hasil terbaik. Hal ini karena posisi pipa yang umumnya tidak bisa selalu mendapat pengawasan dari pengguna.

Sudut Kemiringan Instalasi AC

pixabay.com

Masalah AC yang mengompol ini juga bisa dipicu oleh kesalahan pada saat instalasi. Pemasangan unit AC yang kurang tepat juga bisa mengakibatkan air mengalir tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh produsen AC.

Dalam hal ini kemiringan saluran pembuangan yang tidak sesuai dengan konstruksi perangkat AC itu sendiri. Air yang sehaurnya menetes dari unit menjadi tidak dapat teralirkan keluar menuju talang pembuangan.

Untuk memperbaiki masalah ini, tentu saja Anda perlu melakukan pengaturan posisi dalam unit AC. Anda bisa meminta teknisi untuk melakukan instalasi ulang terhadap saluran pembuangan air yang dimaksud. Biasanya chasing dari unit AC akan dibuka lalu diatur ulang kemiringannya supaya air yang menetes dapat mengalir ke saluran yang seharusnya.

Adanya Celah

Pada beberapa kasus, ada pula AC yang tetap menunjukkan tanda kebocoran walaupun saluran dan talang belakang sudah dibersihkan, armaflex diganti dan sudut kemiringan sudah disesuikan. Dalam kondisi seperti ini, biasanya terdapat suatu celah yang kemudian menjadi jalan rembesan air.

Celah ini  sendiri juga tidak mudah untuk diketahui posisinya. Memperbaikinya tentu membutuhkan pemeriksaan pipa secara lebih mendetail.

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda lakukan sendiri saat perangkat AC di rumah, toko atau kantor meneteskan air. Masalah yang bisa sangat menjengkelkan ini tak jarang menuntut kesabaran dan ketelitian Anda untuk menemukan darimana sumber masalahnya. Seringkali perangkat AC masih saja meneteskan air meskipun sudah coba diperbaik hingga berkali-kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *