Sudah Tahu Bagaimana Cara Menilai Kualitas Burung Murai Batu

Sekarang ini, semakin banyak orang yang ingin memiliki burung murai batu. Hal ini sangat dipengaruhi oleh trend. Biasanya, seseorang suka memelihara burung ketika ada temannya yang memiliki burung di rumah. Inilah trend yang terbentuk.

Suka saja ternyata tidak cukup. Biasanya, berawal dari suka, seseorang akan lebih serius lagi. Tidak hanya sekedar mengoleksi tapi juga berbisnis. Mereka mulai memiliki lebih dari satu murai batu kemudian dijual. Ketika untungnya begitu menarik, mereka akan membeli lebih banyak lagi.

Mungkin Anda juga tertarik dengan burung murai batu ini. Entah apapun alasannya, Anda tidak boleh beli begitu saja. Pastikan burung murai yang Anda pilih benar-benar berkualitas.

Ciri-Ciri Murai Batu yang Bagus

Bagaimana ciri-ciri burung murai batu yang bagus? Bagi orang awam, mereka akan menjawab suara atau kicauan. Burung yang bagus memiliki kicauan yang tinggi dan merdu.

Memang tidak salah. Namun, jika Anda hanya menilai kualitas burung murai batu dari kicauannya, Anda bisa dengan mudah menemukannya. Cari saja di tempat kontes burung kicau. Maka Anda akan mudah menemukannya.

Namun, Anda harus bersiap-siap merogoh kocek dalam-dalam. Karena setiap burung murai yang ikut kontes pasti istimewa. Harganya tentu saja mahal.

Akan lebih baik jika Anda membeli burung dari penjual langsung. Anda bisa dapatkan murai batu yang bagus dengan harga yang lebih terjangkau. Anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara menilai kualitas burung murai batu.

rgbstock.com

  1. Mata Bulat Besar

Salah satu cara yang paling mudah untuk menilai apakah burung murai bagus atau tidak bisa dilihat dari matanya. Murai yang sehat punya mata bulan, besar, dan cerah. Sama seperti manusia, bukan?

Hati-hati memilih burung murai yang punya masalah pada mata. Banyak burung murai yang matanya katarak. Ini mengindikasikan bahwa kondisi tubuhnya kurang bagus.

  1. Ekor yang Rapat

Kecepatan murai saat ada di trek sangat ditentukan oleh struktur ekornya. Jika ekornya rapat, maka burung tersebut bisa terbang lebih cepat.

Perhatikan juga bulu ekornya. Apakah tebal? Sebaiknya, pilih yang ekornya tidak begitu tebal. Karena ketika ekornya begitu tebal, burung akan lebih cepat lelah.

  1. Umur Murai Batu

Anda tidak ingin membeli burung murai batu yang sudah tua, bukan? Untuk itu, jangan sampai tertipu. Ada oknum nakal di luar sana. Ia mengatakan burung murai muda tapi ternyata sudah tua.

Agar Anda tidak kena tipu, Anda harus bisa mengetahui usia burung. Caranya mudah. Perhatikan saja bagian mulut bagian dalamnya. Ketika rongganya berawana putih cerah, itu tandanya usia burung masih muda. Jika warnanya sudah menghitam, itu pertanda usianya sudah tua.

  1. Warna Kaki

Ada yang bilang warna kaki itu menentukan apakah burung murai itu pemberani atau tidak. Banyak yang memiliki burung murai batu dengan kaki berwarna hitam. Alasannya, kaki burung berwarna hitam ini mengindikasikan bahwa burung itu pemberani.

Memang ini hanya anggapan saja. Tidak ada penelitian ilmiah yang menunjukkan kepastian mengenai hal ini. Namun, faktanya, banyak burung murai dengan kaki berwarna hitam itu sangat berani ketika berada di trek.

  1. Leher Burung Murai

Anda ingin ikut kontes burung kicau? Jika ya, pilihlah murai dengan leher yang padat berisi. Ini leher yang membuat burung mampu mengeluarkan suara yang menggelegar dan merdu.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan ketika ingin membeli murai batu. Jangan asal beli ya.

pixabay.com

Berapa Harga Burung Murai Batu?

Sangat sulit untuk menentukan berapa harga murai batu. Tidak ada harga yang pasti. Asalkan bagus dan ada calon pembeli yang benar-benar suka, harganya bisa tidak masuk akal.

Meskipun demikian, ada range harga yang bisa Anda jadikan pegangan. Burung murai kualitas biasa biasanya dijual dengan harga sekitar 500.000 hingga 700.000. Sementara itu, burung murai yang sudah mengeluarkan suara yang merdu bisa mencapai 1 juta.

Lain hal jika burung sudah berkali-kali menang kontes kicau burung. Harganya bisa mencapai 3 juta ke atas. Ini juga tergantung pada faktor lain selain suara, seperti usia, bentuk tubuh, dan lain sebagainya. Karena tidak mungkin burung yang sering menang kontes bisa dijual dengan harga mahal jika usianya sudah tidak muda lagi.

Jadi, harga burung murai batu ditentukan oleh banyak faktor. Yang pasti, Anda sudah tahu kan berapa kisaran harganya. Lakukan penilaian dulu dengan mempertimbangkan beberapa kriteria tersebut di atas agar Anda tidak salah pilih.