Cara Kirim Barang dari Singapore ke Indonesia Termudah

Singapore merupakan negara tetangga yang terletak bersebelahan dengan dengan Indonesia. Tidak heran, banyak orang yang suka mondar-mandir Indonesia Singapore. Banyak orang yang pergi ke Singapore untuk sekedar berliburan, berbelanja, atau mengunjungi sanak keluarga.

Tidak afdol rasanya apabila bepergian tidak membawa oleh-oleh. Apalagi jika kamu menyukai belanja atau sambil membuka jasa titip belanjaan, barang bawaan pasti akan banyak. Agar tidak ribet membawa barang bawaan dari Singapore ke Indonesia, ada jasa pengiriman barang dengan layanan Dispatch services for owner operators yang bisa kamu pilih. Jika kamu tidak mengetahui cara kirim barang dari Singapore ke Indonesia, simak ulasan artikel ini.

Kirim Barang dari Singapore ke Indonesia

Pengiriman barang dari dan ke luar negeri memiliki prosedur yang berbeda dengan mengirim barang di dalam negeri. Ada hal-hal dalam sistem importasi yang kadang menyita waktu seperti bea cukai, sistem pengiriman barang dari penjual, penyedia jasa pengiriman barang, dan lainnya.

Sebelum mengirim barang ke dalam atau luar negeri, kamu perlu mengetahui beberapa hal berikut ini :

1. Strategi pengiriman dari dan ke luar negeri

Kamu harus terfokus pada barang yang akan dikirim. Apabila kamu pemilik online shop, kamu harus melakukan analisis negara mana yang paling banyak mengintip usaha kamu. Sehingga kamu bisa mengirim lebih intens ke negara tersebut.

2. Mengetahui peraturan dan regulasi negara tujuan

Pengiriman internasional lebih ribet dibandingkan pengiriman dalam negeri karena negara tujuan memiliki peraturan yang berbeda dengan negara pengirim. Kamu perlu mencari informasi tentang negara tujuan kamu.

3. Memperhitungkan dengan baik

Pengiriman ke luar negeri memerlukan biaya yang tidak sedikit. Kamu perlu memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan. Mulai dari biaya pengemasan, pengiriman, pajak, penanganan, dan lain sebagainya.

Ada beberapa ekspedisi kirim barang dari Singapore ke Indonesia yang bisa kamu pilih, diantaranya :

              TNT

Pengiriman menggunakan TNT dari FedEx Express ini memiliki layanan yang beragam. Ekspedisi ini mengutamakan pada kecepatan dengan pelayanan yang fleksibel dan hemat biaya. Mengirim menggunakan TNT tidak perlu lagi repot dalam menangani perihal bea cukai karena prosesnya akan dibantu oleh TNT.

              Singapore Post (SingPost)

Layanan jasa pos Singapore bisa kamu pilih untuk mengirim barang dari Singapore ke Indonesia karena harganya lebih murah. Pilihan paket yang tersedia juga beragam. Kamu bisa mengambil paket yang dikirim menggunakan SingPost di kantor pos Indonesia atau diantar ke rumah oleh kurir.

              DHL

Jasa pengiriman DHL bisa membantu kamu untuk mempersiapkan dokumen bea cukai dan pajak serta memandu kamu. DHL memberikan layanan untuk pengiriman internasional. DHL juga menyediakan banyak layanan dan program untuk pengiriman.

              Lalamove

Lalamove merupakan spesialis dalam mengirim surat dan dokumen. Jasa pengiriman Lalamove mempu melakukakn pelacakan pengiriman secara real time dan komunikasi secara instant sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan paketmu. Kendaraan yang digunakan ekspedisi juga beraneka ragam.

              W-III Cargo

W-III Cargo merupakan penyedia layanan jasa pengiriman export import dan jasa forwarded door to door yang bertempat di Jakarta. Pengirimannya dilakukan melalui jalur laut dan udara. W-III juga membantu dalam mengurus dokumen bea cukai.

              HSH

HSH melayani merupakan ekspedisi/ cargo door to door dari seluruh negara ke Indonesia. Layanan ini terintegrasi dengan Warehouse Agent yang telah tersebar hampir di seluruh negara. Pembayaran ongkos pengiriman bisa dilakukan secara cash on delivery saat barang tiba di Indonesia setelah selesai pengurusan import.

Sebenarnya masih banyak lagi ekspedisi pengiriman barang dari Singapore ke Indonesia yang bisa kamu gunakan. Jika kamu sudah memilih ekspedisi untuk mengirim barang dari Singapore ke Indonesia, kini saatnya kami akan menjelaskan bagaimana cara cek ongkos kirim menggunakan jasa pengiriman SingPost.

Cara cek ongkos kirim menggunakan SingPost

  1. Masuk ke laman Singapore Post di https://www.singpost.com di browser kamu
  2. Pilih pada opsi “Send Letter/ Parcel” yang berada di sebelah kanan laman SingPost
  3. Untuk pengiriman ke luar Singapore, pilih “Overseas” lalu masukkan mana negara tujuan yaitu Indonesia, berat paket, dan klik pada “Find Services”
  4. Kamu akan mendapatkan hasil pengecekkan ongkos kirim dari Singapore ke Indonesia. Beragam waktu pengiriman dan berat paket tersedia dengan biaya ongkos kirim yang berbeda-beda. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhanmu

Setelah kamu mengetahui biaya ongkos kirim pada pengiriman dari Singapore ke Indonesia, saatnya kamu melakukan pelacakan pengiriman barang kamu di Singapore Post.

Cara tracking pengiriman menggunakan Singapore Post

  1. Masuk ke laman Singapore Post di https://www.singpost.com di browser kamu
  2. Klik pada ikon “Track items”, setelah itu masukkan nomer tracking dengan maksimal 20 nomor
  3. Klik pada tulisan “Check Item Status” untuk melihat status pengiriman
  4. Isikan kode Chapta yang keluar untuk menunjukkan bahwa kamu bukan robot dan beri tanda centang pada tulisan “I’m not a robot”
  5. Status tracking kamu akan ditampilkan keberadaannya

Itulah cara kirim barang dari Singapore ke Indonesia. Kunci sukses dalam mengirim barang antar negara yaitu mengetahui barang apa yang akan dikirim. Selain itu pastikan alamat tujuan tertulis dengan benar agar barangmu sampai dengan tepat. Kamu juga perlu melakukan pembungkusan (packaging) dengan baik agar barang yang kamu kirim aman dan tidak mengalami kerusakan.