Daftar Bunga Anggrek Indonesia yang Dapat Dibudidaya dengan Mudah

Tahukah Anda bahwa di Indonesia bunga anggrek menjadi salah satu tanaman yang dilindungi? Anggrek memang sangat memikat dengan keindahan yang dimiliki. Tidak jarang bunga ini dijadikan koleksi untuk menghiasi rumah atau ruangan anda.

Indonesia sendiri memiliki banyak spesies dari bunga anggrek. Anda dapat memilikinya dengan perawatan yang sederhana. Walaupun tergolong langka dan dilindungi, beberapa jenis dari tanaman satu ini dapat anda budidayakan.

Jenis Bunga Anggrek yang dapat Dibudidayakan dengan Mudah

Memiliki bunga anggrek di rumah tentu akan memperindah pemandangan. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan bunga anggrek untuk dibudidaya. Beberapa tanaman anggrek yang dapat anda budidayakan diantaranya.

  1. Anggrek Sendok

Bunga anggrek sendok memiliki nama latin Spathoglottis zurea yang indah memikat dengan warna kuning cerahnya. Bunga ini memiliki lima kelopak yang menyerupai sendok dengan putik merah di tengahnya.

  1. Anggrek Bulan

Anda pasti sering mendengar nama anggrek bulan. Warna putihnya yang menawan membuat bunga anggrek satu ini sangat menawan. Anda biasanya dapat menemukan anggrek bulan di daerah Kalimantan Barat.

  1. Anggrek Kerlip

Jenis anggrek satu ini sebenarnya masih satu spesies dengan anggrek bulan. Jika anggrek bulan berwarna putih, anggrek kerlip memiliki warna ungu. Aroma harum dari bunga anggrek ini juga menjadi ciri khas anggrek kerlip sehingga banyak yang membudidayakannya.

  1. Anggrek Hartinah

Anggrek ini diberi nama Hartinah yang merupakan mendiang Ibu Tien yang berjasa untuk mengembangkan tanaman ini. Memiliki nama Chimbidium hatinahium, bunga satu ini memiliki warna krem dominan yang indah.

  1. Anggrek Hitam

Bunga anggrek berwarna hitam ini justru terlihat indah dengan kombinasi warna pink keunguan di bagian tengahnya. Walaupun jarang anda temui bunga berwarna hitam, namun untuk spesies anggrek, bunga tetap terliat cantik.

Bunga anggrek selain memiliki keindahan, tanaman ini juga langka. Ketika ada berhasil membudidayakannya, maka itu dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Tanaman ini juga dilindungi oleh undang-undang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *