Doa Keluar Masjid dan Adabnya

Doa merupakan salah satu perbuatan yang harus dilakukan oleh seluruh umat Islam sebagai salah satu sarana untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT. Seluruh umat Islam bahkan dianjurkan untuk selalu mengawali dan mengakhiri aktivitas mereka dengan selalu membaca doa terlebih dahulu.

Baik membaca doa ketika akan makan, selesai makan, bahkan ketika berada di kamar mandi sekalipun kita harus membaca doa. Termasuk juga ketika kita akan memasuki masjid tentu semua umat Muslim harus mengetahui doa yang harus mereka ucapkan baik ketika baru akan memasuki masjid maupun nantinya ketika akan keluar masjid.

Pentingnya Membaca Doa Sebelum Masuk Masjid

Di dalam agama Islam, seluruh umatnya memang dianjurkan untuk selalu membaca doa sebelum mereka akan memasuki masjid. Bahkan ketika Anda akan memasuki Masjid Nabawi, ada beberapa doa khusus yang harus diucapkan sebelum memasukinya. Hal ini memang merupakan sebuah ibadah sunah yang bahkan wajib diajarkan kepada seluruh anak-anak generasi Islam.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan, di mana dengan melakukan pembelajaran berupa doa-doa kepada anak-anak sedari dini ini maka agama Islam bisa terus menerus berkembang dan mampu memberikan manfaat untuk seluruh dunia bahkan alam semesta. Doa masuk masjid dan keluar masjid pun merupakan salah satu adab yang baik dan harus dicontohkan kepada anak-anak.

Inilah Adab Sebelum Masuk Masjid

Masjid memang merupakan sebuah tempat suci yang dimuliakan oleh Allah SWT dan juga wajib dihormati dan juga dijaga kebersihannya. Sebagai umat Islam, maka mereka wajib untuk menghargai dan menggunakan sopan santun yang tepat ketika akan memasuki tempat ibadah.

Siapa pun umat Muslim yang akan masuk ke dalam masjid, dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum memasuki masjid. Tujuannya tentu saja agar semua jamaah bisa masuk ke tempat yang suci ini juga dalam keadaan yang suci karena masjid adalah tempat ibadah Jadi, semua umat Muslim juga wajib untuk paham akan bagaimana bacaan masuk masjid yang benar.

Untuk doa masuk masjid adalah “AllahumafTahliiAbwaabaRahmatika”. Adab yang harus dilakukan semua umat Muslim ketika akan memasuki masjid adalah mendahulukan kaki kanan, membaca doa masuk masjid, sholat sunah 2 rakaat.

Ada beberapa hal yang mampu membuat banyak orang untuk nyaman berada di dalam masjid. Selain masjidnya yang bersih, bahkan karpet masjid juga menjadi faktor yang cukup penting untuk diperhatikan bagi beberapa pengelola masjid sendiri. Apalagi di Indonesia saat ini sudah banyak toko jual karpet masjid yang menyediakan pilihan karpet-karpet yang nyaman digunakan.

unsplash.com

Ada dan Doa Keluar Masjid

Setelah Anda selesai beribadah di dalam masjid, maka adapun beberapa adab sekaligus doa yang harus Anda ucapkan ketika keluar masjid. Untuk bacaan keluar masjid adalah “Allahumma Innii As-Aluka Min Fadhlika” dan artinya adalah “Ya Allah, aku memohon kepadaMU dan karunia darimu”.

Untuk adab keluar masjid ini di dalam Islam pun memiliki aturan tertentu. Jadi, Anda benar-benar wajib paham bahkan melakukannya sebelum pada akhirnya keluar masjid. Di dalam sebuah tempat ibadah khususnya masjid ini, semua umat Islam harus mampu untuk menjaga ketenangan dan menghindari untuk berbicara keras ketika sedang berada di dalamnya.

Apabila nantinya Anda ingin berdzikir, usahakan berdzikir di dalam hati saja atau jangan terlalu keras. Sebab, hal ini dikhawatirkan akan mengganggu ketenangan jamaah lain yang juga sama-sama sedang beribadah di dalam masjid ini. Sedangkan untuk beberapa adab maupun etika yang harus dilakukan ketika akan keluar masjid adalah:

unsplash.com

  • Mendahulukan Kaki Kiri

Sama ketika kita akan memasuki masjid bahwa ketika keluar masjid, maka seluruh jamaahnya harus mendahulukan kaki kiri dan membaca doa.

  • Berjalan dengan Sopan dan Tenang

Apabila kita sedang menjalankan ibadah baik sholat Jumat maupun sholat tarawih yang tentunya akan banyak orang yang ada di dalam masjid dan ingin keluar masjid. Usahakan untuk tetap berjalan dengan tenang dan sopan atau berjalan tidak dengan tergesa-gesa. Hal ini tentu tidak akan mengganggu bagi beberapa jamaah yang masih ingin beribadah di dalam masjid.

Jadi, itulah penjelasan tentang beberapa adab yang wajib dipahami umat Muslim bahkan sedari dini. Ada beberapa doa yang harus dibacakan baik ketika masuk masjid maupun keluar masjid. Apabila Anda adalah salah satu pemilik atau bahkan pengelola masjid, sediakan juga beberapa poster bacaan doa masuk dan doa keluar masjid agar lebih mudah untuk dibaca banyak orang.

Jangan lupa juga berikan fasilitas yang nyaman agar seluruh jamaahnya bisa fokus dan tenang beribadah di dalam masjid. Sebuah solusi yang bisa Anda lakukan adalah menemukan toko jual karpet masjid dan juga menyediakan karpet yang empuk dan mampu membuat nyaman siapa saja yang berada di dalamnya.