Doa Menjenguk Orang Sakit Untuk Memohon Kesembuhan

Ada banyak sekali doa menjenguk orang sakit yang diajarkan dalam Islam. Agama Islam memang tidak hanya mengajarkan pasal ibadah, namun juga perilaku terkait bagaimana kita harus bersosialisasi dengan orang lain. Termasuk untuk peduli terhadap sesamanya dengan menganjurkan untuk menjenguk orang yang sedang sakit. Di mana kita dapat mendoakan supaya penyakitnya lekas disembuhkan oleh Allah SWT.

Untuk doa ini sendiri, sebenarnya boleh saja diucapkan dengan bahasa masing-masing. Hanya saja seperti yang kita tahu, sebaik-baiknya doa adalah doa yang dilafalkan dalam Bahasa Arab. Adapun berikut ini 2 doa ketika menjenguk orang sakit:

  • Doa pertama lafadznya cukup singkat, yaitu “AS ALULLOOHAL ‘ADZIMA ROBBAL ‘ARSYIL ‘ADZIIMI AYYU’AAFIIKA WA YUSYFIYAKA.”

Yang artinya: Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung. Tuhan Arsy yang agung. Semoga memberikan kesejahteran kepadamu dan menyembuhkanmu.

  • Doa kedua ini lebih panjang dan diriwayatkan oleh Bukhori Muslim. Lafadznya yaitu, “ALLAHUMMA ROBBAN NAASI ADZHIBIL BA’SA ASYFI ANTASY SYAAFII LAA SYIFAA-A ILLAA SYIFAA-UKA SYIFAA-AN LAA YUGHOODIRU.”

Yang artinya: Ya Allah Tuhan dari semua manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembuhkan ia. Hanya Engkau yang bisa menyembuhkannya, tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu. Kesembuhan yang tidak kambuh lagi.

Ketika mengucapkan doa, hendaknya lakukan dengan suara yang pelan sehingga hanya kita dan Allah saja yang tahu. Selain itu, pahami pula bagaimana artinya agar kita lebih mantap ketika melafalkannya.