Daftar Harga Kurma Terbaru 2020

Kurma adalah salah satu buah yang memiliki rasa manis dan beraroma khas. Biasanya kurma menjadi menu pada saat buka puasa dan jam makan sahur ketika bulan Ramadan tiba. Kurma berasa dari Timur Tengah atau Arab. Secara pasti asal muasal buah ini tidak di ketahui berasal dari mana. Namun banyak orang yang mengatakan bahwa buah ini berasal dari Teluk Persia.

Pohon kurma dalam bahasa arab memiliki nama atau istilah Tamr. Sedangkan nama latin dari kurma adalah Phoenix dactylifera. Pohon dari kurma memiliki panjang ukuran mulai dari 15 meter sampai dengan 25 meter. Daun kurma memiliki panjang ukuran 3 meter sampai dengan 5 meter. Kurma tumbuh dengan sistem akar tunggal.

Sejarah Buah Kurma

pexels.com

Kurma memiliki sejarah panjang. Sedari zaman dahulu selama ribuan tahun lalu buah Kurma sudah dijadikan sebagai makanan pokok di timur tengah. Banyak yang mengatakan bahwa buah kurma pertama kali di temukan di Teluk Persia. Pada zaman kuno, yaitu sekitar tahun 4000 SM ketika zaman Mesopotamia sampai dengan zaman pra sejarah mesir, Buah Kurma sudah di budidayakan dan menjadi makanan pokok.

Ketika zaman mesir kuno, buah kurma di buat menjadi anggur kurma dan panen dari buah ini sangat melimpah pada masa itu sehingga menjadi komoditas utama. Kemudian pada masa selanjutnya, bangsa Arab mulai menyebarluaskan buah ini mulai dari barat daya sampai dengan selatan dari Benua Asia.

Disebarluaskan lagi ke Benua Afrika bagian utara, Spanyol, Italia. Bukti dari ini terdapat dalam artefak kuno yang di tulis pada tahun 6000 SM. Bangsa Spanyol kemudian menyebarkan lagi buah kurma sampai dengan negara Mexico dan California pada masa 1765.

Kandungan Gizi Buah Kurma

Buah kurma kaya akan kandungan gizi yang melimpah dan banyak sekali khasiat dan manfaatnya. Berikut ini adalah kandungan gizi di dalam buah kurma yang harus diketahui :

– Energi : 1180 kJ atau 280 kcal

– Nutrisi : 100 gram

– Gula : 63 gram

– Karbohidrat : 75 gram

– Lemak : 0.4 gram

– Serat pangan : 8 gram

– Air : 21 gram

– Protein : 2.5 gram

– Manganese : 0.262 mg

– Vitamin C : 0.4 mg (1%)

Itulah beberapa nilai kandungan gizi yang ada di dalam buah kurma yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Dan Khasiat Buah Kurma

pexels.com

Kandungan gizi dalam buah kurma tersebut memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa manfaat dan khasiat dari buah kurma antara lain adalah sebagai berikut.

1. Mencegah Diabetes

Rasa manis dari Kurma berasal dari gula alami yang terkandung di dalamnya. Karena itu, meskipun rasa dari buah ini manis, nyatanya buah kurma mampu mencegah diabetes.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Dengan mengkomsumsi dua buah kurma pada setiap harinya, maka akan membantu melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Tak hanya itu, kurma memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga mampu mengatasi permasalahan sistem pencernaan semisal sembelit, diare bahkan bisa mencegah terserang penyakit kanker pada usus.

3. Mencegah Anemia

Buah kurma memiliki kandungan gizi berupa zat besi yang cukup tinggi. Zat besi tersebut di sinyalir sangat ampuh untuk mencegah terkena penyakit anemia. Jika kamu sering lesu karena penyebabnya mungkin di dalam tubuh mu kurang akan sel darah merah, maka mengkonsumsi kurma bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi permasalahan semacam itu.

Jenis dan Harga Buah Kurma

pexels.com

Ada banyak jenis-jenis buah kurma yang beredar di pasaran. Sekarang sudah banyak di temui orang-orang yang jual kurma melalui jejaring media sosial sehingga bisa mempermudah kamu dalam membeli buah tersebut. Berikut ini akan kami berikan daftar jenis-jenis buah kurma beserta dengan harga jual kurma. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini tentang jenis dan harga buah kurma.

1. Kurma Date Crown Khalas

Produk kurma ini dijual dalam kemasan satu karton dengan berat bersih 10 Kg. Karton tersebut terdiri atas 10 pack dengan masing-masing pack memiliki bobot 1 Kg. Harga jual dari Kurma Date Crown Khalas adalah 520 ribu per satu karton.

2. Kurma Date Crown Khenaizi

Produk kurma berikutnya adalah Kurma Date Crown Khenaizi. Di dalam satu karton dari produk kurma ini terdiri dari 10 pack dengan berat satu pack mencapai 1 Kg buah kurma. Total berat dalam satu karton dari produk buah kurma jenis Kurma Date Crown Khenaizi ini adalah 10 Kg. Produk buah kurma jenis Kurma Date Crown Khenaizi ini di bandrol dengan harga mulai dari 620 ribu per satu karton.

3. Kurma Ajwa Madinah

Bisa di bilang, Kurma Ajwa Madinah adalah buah kurma dengan kualitas terbaik diantara jenis kurma lain. Kurma ini di jual dalam bentuk satu karton dengan berat mencapai 10 Kg. Harga jual dari produk buah kurma dengan jenis Kurma Ajwa Madinah adalah sekitar 2.8 juta rupiah per 10 Kg atau per satu karton nya.

4. Kurma Palm Fruit

Produk buah kurma berikutnya adalah Kurma Palm Fruit. Buah kurma jenis ini di jual dalam bentuk karton dengan berat total mencapai 6 Kg. Dalam satu karton tersebut terdiri dari 12 pack dengan masing-masing isi satu pack memiliki berat sekitar 500 Kg. Produk kurma dengan jenis Kurma Palm Fruit ini di jual dengan harga mulai dari 550 ribu rupiah per satu karton.

Nah itulah harga dari produk buah kurma yang berkualitas. Jika kamu ingin membeli buah kurma, kamu bisa beli di website kami yaitu Pasarkurma.com