Keunggulan Sapi Simental

Tentu sebagian orang sudah cukup familiar dengan nama sapi simmental atau lebih akrab dengan sebutan nama sapi mental. Para pecinta daging sapi perlu dan harus mengetahui tentang sapi ini. Sapi simmental sendiri merupakan sapi yang menghasilkan daging yang begitu banyak serta berkualitas.

Sebagai sapi potong, sapi jenis ini memiliki berat badan yang besar baik betina ataupun jantan. Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh sapi ini. Namun, sebelum masuk kelebihan sapi simmental, Anda harus mengetahui ciri-ciri atau karakteristik dari sapi jenis ini diantaranya:

  • Pertambahan bobotnya mencapai 1.4 Kg minimal dalam periode satu hari. Dengan begitu bisa dilihat seberapa besar bodi yang ditampilkan dari sapi jenis ini.
  • Warna kulit sapi mental pada umumnya berwarna kuning sampai dengan kecokelatan.
  • Sapi betina yang sudah dewasa, bobotnya bisa mencapai 200 kg
  • Pada bagian kepala biasanya memiliki warna putih dengan sedikit lorek di dalamnya.

Seperti itulah beberapa karakteristik atau ciri yang ditampilkan oleh sapi jenis ini. Dari karakteristik tersebut, maka akan lebih terlihat keunggulan sapi simental. Selain sebgai sapi pedaging, sapi ini juga termasuk sapi perah. Dibandingkan dengan yang lainnya, sapi ini memiliki lemak yang lebih sedikit.

Pertumbuhan sapi jenis ini juga termasuknya tercepat. Selain kandungannya yang kaya akan gizi, sapi jenis ini juga semakin banyak permintaanya. Dengan begitu, sapi ini memiliki 2 potensi besar dalam menyumbang sumber gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Yaitu daging dan susu yang dihasilkan.

Oleh karena itu, sapi jenis ini lebih banyak disukai oleh para peternak sapi karena pertumbuhannya yang cepat. Walaupun dikategotikan sebagai sapi dengan pertumbuhan yang cepat, maka layaknya manusia, sapipun berhak untuk menerima makan dari pemilik yang lebih baik dan berkualitas.

Itulah beberapa penjelasan mengenai sapi simmental dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya. Sapi asal Swiss ini juga terkenal dengan sapi yang begitu tenang atau jinak, sehingga tidak susah untuk memeliharannya. Karena kebanyakan sapi memiliki sifat yang memang jinak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *