Mengenal Khimar, Hijab Panjang Ala Mukena One piece

Di Indonesia saat ini, perkembangan fashion hijab sangatlah pesat. Hal itu dikarenakan permintaan pasar yang cukup tinggi, mengenai kain penutup aurat untuk kaum wanita yang beragama muslim. Ada banyak mdel hijab yang diminati, salah satunya adalah khimar. Tahukah kamu apa itu khimar ? Khimar adalah sebuah kain panjang, yang memiliki lengan layaknya mukena one piece. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut !

Table of Contents

Hijab Khimar, Hijab Panjang yang Elegan

Saat ini, busana muslim telah masuk dalam kategori fashion di Indonesia. Bahkan beberapa designer pun mulai mengikuti, untuk membuat berbagai desain serta model untuk busana muslim. Banyaknya model yang ada di pasar Indonesia, membuat negara kepulauan terbesar ini menjadi kiblat fashion muslim sedunia.

Salah satu model pakaian yang  cukup diminati oleh para muslimah di Indonesia adalah, busana muslim secara syar’i. Busana syar’i adalah sebuah pakaian yang memiliki ukuran besar dan menutupi aurat wanita, sesuai dengan ajaran islam. Ciri yang paling mudah untuk dikenali pada busana syar’i adalah, sebuah pakaian atau hijab yang memiliki panjang dan ukuran yang besar cukup untuk menutupi seluruh tubuh.

Salah satu perlengkapan busana syar’i, yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia adalah Khimar.  Khimar adalah kain yang menutupi bagian kepala khususnya rambut, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita. Panjang khimar umumnya lurus kebawah menutupi bagian depan dan belakang hingga tulang selangka.

Beberapa khimar pun  memiliki panjang bagian belakang yang menjuntai hingga se tungkak kaki. Dahulu memang khimar dianggap sebagai busana muslim yang kurang menarik, namun saat ini justru khimar masuk dalam kategori fashion hijab yang memiliki banyak peminatnya. Bahkan nilai khimar di mata masyarakatpun mulai berkembang secara positif.

unsplash.com

Khimar di Mata Masyarakat Indonesia

Kita saat ini dapat dengan mudah melihat beberapa orang menggunakan khimar, baik di kampus maupun tempat umum lainnya. Hal ini karena khimar merupakan pakaian yang dapat digunakan pada kegiatan atau acara yang formal, seperti pernikahan. Dari sini menandakan bahwa khimar sudah bukan busana muslim biasa saja, namun khimar dapat cocok untuk segala acara baik formal maupun nonformal.

Nilai khimar saat ini semakin dipandang positif oleh masyarakat luas, bahkan ada yang mengatakan bahwa seorang wanita akan semakin terlihat elegan ketika menggunakan khimar. Desain khimar yang panjang menjuntai, memberikan efek feminim serta elegan kepada akhwat yang menggunakannya.

Tidak hanya itu, khimar adalah sebuah kain yang dapat memberikan kesan mewah dan tidak kalah dari pakaian pesta lainnya. Melihat respons masyarakat yang begitu positif, membuat khimar semakin diminati oleh wanita di Indonesia. Masyarakat perempuan di Indonesia, dapat secara bebas menggunakan khimar tanpa mengurangi nilai keindahan penampilan.

unsplash.com

Khimar Sebagai Fashion

Khimar semakin diperkenalkan di Indonesia, oleh beberapa tokoh artis yang menjadi panutan dalam berbusana secara syar’i. Tokoh publik tersebut mengenakan khimar dalam beberapa kesempatan, dan menunjukkan betapa cantiknya ketika seseorang mengenakan khimar. Melalui berbagai acara yang disiarkan maupun pada sosial media pribadi artis tersebut,  membuat masyarakat dapat dengan mudah melihat serta mengikuti gaya berpakaiannya.

Kain panjang yang besar ini, kini telah masuk dalam jajaran fashion yang tak kalah dengan desain fashion lainnya. Bahkan tak jarang masyarakat Indonesia mengenakan khimar, selain untuk menutupi aurat namun juga untuk meningkatkan penampilan. Jangan salah, mengenakan khimar justru meningkatkanpenampilan menjadi lebih menawan dan elegan.

Makna dan Ketentuan Khimar

Apabila anda ingin memulai untuk mengenakan khimar, maka anda pun perlu mengetahui makna dibalik khimar. Makna khimar adalah hal yang menutupi kepala wanita, jadi secara jamak khimar meupakan akhmarah, atau khumr. Sebuah khimar hendaknya terdiri dari kain yang dapat menutupi area tubuh bagian depan maupun belakang.

Ibnu Katsi menjelaskan bahwa, ‘qina’ atau yang berarti kerudung adalah kain yang memiliki ujung dan dijulurkan ke dada wanita untuk menutupi bagian dadanya. Dari ketentuan tersebut, maka kita dapat mengetahui bahwa ketentuan khimar yang seharusnya adalah kain panjang dan lebar, dan harus menutupi bagian depan dan belakang tubuh wanita.

unsplash.com

Bahan khimar memiliki banyak bahan dasar, namun bahan ceruti adalah material yang cukup banyak diminati. Bahan ceruti memiliki tekstur lembut dan tebal, sehingga akhwat yang mengenakannya akan merasa nyaman meski dipakai seharian. Bahan ceruti pun memiliki ketebalan yang tidak mudah tersingkap, maupun transparan.

Keunggulan lain dari bahan ceruti adalah, material yang tidak mudah panas. Jika umumnya kendala seorang wanita yang hendak mengenakan hijab adalah faktor panas, maka mereka dapat menggunakan bahan ceruti ini. Bahan ceruti yang tidak panas ini, tentu sangat cocok untuk diterapkan pada daerah tropis.

Manfaat utama mengenakan khimar adalah, untuk lebih dekat dengan Allah SWT. Menutupi aurat dengan menggunakan khimar wajib dilakukan oleh setiap muslimah di dunia, hal ini karena berhijab adalah salah satu sunnah Rasullullah SAW. Dengan mengenakan khimar, maka kita telah menjalankan salah satu syariat agama.

Saat ini masyarakat Indonesia cukup banyak yang menggunakan khimar, selain untuk menutupi aurat khimar juga dipandang sebagai salah satu fashion. Kain yang besar dan panjang menjuntai ini memberikan memberikan kesan menawan, mewah, dan elegan kepada akhwat yang mengenakannya. Salah satu jenis khimar yang mulai bermunculan di pasar Indonesia adalah French Khimar.  Bagaimana, apakah anda juga ingin mecoba mengenakan khimar ?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top