Daripada Bingung, Yuk Intip Material Lantai Rumah Untuk Rumah Minimalis Anda

Membangun rumah, bukanlah pekara yang mudah karena banyak yang harus diperhatikan. Baik dari segi desain, material hingga bagaimana menata hunian sesuai dengan bayangan dan impian anda. Salah satu yang juga jarang di perhatikan adalah pemilihan bahan untuk lantai rumah yang digunakan. Jika salah pilih tentunya bisa membuat rumah anda tak cantik, untuk itu yuk simak ulasan berikut mengenai material untuk lantai hunian idaman anda.

Material Untuk Lantai Yang Cocok Untuk Rumah Minimalis Anda

  1. Lantai Solid Wood

Untuk membuat rumah anda menjadi cantik, lantai bermaterial kayu solid atu solid wood bisa menjadi pilihan. Kesan ekslusif, hangat, elegan dan menawan bisa hadir dengan menggunakan bahan ini sebagai lantai untuk rumah anda. Apalagi kayu memiliki tekstur alami yang membuatnya semakin cantik dan menawan. Warnanya yang khas juga membuat Solid Wood mampu untuk memberikan kesan hangat di dalam hunian anda.

Tak hanya itu, lantai kayu juga sangat cocok untuk anda yang menderita alergi jamur maupun debu. Lantai kayu tidak dihinggapi oleh tunggau yang bisa memicu asma karena mereka tidak menyukainya. Itulah mengapa lantai kayu disarankan untuk diletakkan di kamar maupun di lantai untuk ruang keluarga. Apalagi lantai kayu juga mudah untuk dibersihkan yang ternyata juga baik untuk kesehatan terutama punggung dan tulang.

Untuk menghasilkan kesan minimalis sebaiknya anda menggunakan lantai kayu yang berbentuk sempit untuk lantai rumah anda. Memperoleh berbagai kayu ini secara lokal juga bisa dilakukan seperti kayu jati, bengkirai hingga sonokeling untuk dijadikan sebagai lantai. Jika ingin menggunakan kayu impor juga bisa menggunakan maple, white oak hingga birch untuk digunakan sebagai lantai pada hunian rumah anda.

pexels.com

  1. Marmer

Apabila anda menginginkan rumah dengan menggunakan interior dengan kesan elegan, maka pilihan yang tepat untuk lantainya adalah marmer. Perpaduan ini akan menghasilkan sesuatu yang istimewa jika kesan elegan ingin ditonjolkan. Marmer juga memiliki kesan natural yang khas dengan coraknya yang artistik. Jika dipoles maka akan mengkilap dengan cantik dan memberikan kesan mewah yang memancar pada batu alam ini.

Hanya saja, untuk menjadikan material marmer untuk lantai dibutuhkan perawatan khusus. Karena marmer termasuk material yang mudah untuk tergores dan juga bisa memiliki noda dari cairan asam. Strukturnya juga terbilang rapuh yang membuatnya membutugkan lapisan sealer ketika telah dipasang. Untuk hunian minimalis anda bisa menggunakan marmer berwarna putih untuk digunakan sebagai lantai rumah anda.

Marmer dengan warna putih akan menghasilkan kesan yang simpel, mewah namun juga bersih. Penggunaan lantai marmer ini bisa anda letakkan di beberapa tempat seperti dapur, ruang depan hingga kamar mandi. Selain itu anda juga bisa menggunakan marmer untuk lantai ruang keluarga anda. Untuk menambahkan kesan hangat jangan lupa untuk menambahkan karpet di atas permukaan lantai marmet yang lembut.

  1. Lantai Porselen

Pilihan lain yang bisa anda gunakan untuk material lantai hunian anda yang selanjutnya adalah lantai porselen. Material ini kini juga mulai populer untuk digunakan di rumah dengan konsep minimalis. Jensi lantai ini dibuat dengan menggunakan tanah liat yang didalamnya kaya akan kaolin. Dengan menggunakan material ini sebagai lantai hunian anda akan memberikan kesan eksklusif serta lebih elegan dibandingkan dengan material keramik.

Menariknya lagi, lantai porselen juga memiliki aneka motif disamping porselen yang polos. Jika ingin menampilkan kesan trendy di lantai rumah anda, anda bisa memilih lantai porselen dengan motif alami seperti motif kayu. Kesan hangat dari kayu bisa anda dapatkan namun tetap kokoh karena lantainya bermaterial keramik. Dengan menggunakan material ini tentunya hunian idaman yang diimpikan bisa segera diwujudkan.

  1. Lantai Keramik

Penggunaan material ini memang banyak digunakan terutama oleh masyarakat Indonesia. Keramik dan porselen tentunya memiliki perbedaan yang terletak di kilaunya dan juga bahan yang digunakan. Namun jika anda ingin menggunakan material dengan harga ekonomis dan kekuatannya cukup mumpuni maka keramik bisa menjadi pilihan. Dibandingkan dengan material lainnya keramik memang memiliki harga lebih bersahabat.

Belum lagi keramik juga memiliki beragam motif yang bisa disesuaikan dengan konsep yang anda miliki. Lantai hunian dengan menggunakan keramik juga mudah untuk dirawat dan tidak ada perawatan khusus. Tak heran jika masyarakat banyak menggunakan material ini untuk digunakan sebagai lantai rumah. Daya tahannya juga terbilang tangguh dengan penampilan yang tak kalah modern. Jika masih ragu anda bisa berkonsultasi dengan jasa arsitek anda.

pexels.com

  1. Lantai Granit

Granit bisa dijadikan sebagai material alternatif selain menggunakan marmer. Batu alam ini juga memiliki tekstur yang bagus dengan kesan tegas, solid serta alami namun tidak meninggalkan sisi indahnya. Granit juga bisa dikategorikan sebagai bahan yang memiliki daya tahan yang kuat. Karena Granit tahan terhadap udara lembab maupun air sehingga juga bisa dikatakan jika mudah dalam perawatannya.

Lantai Granit sangat cocok bagi anda yang menderita gangguan pernafasan karena fungsinya hampir mirip dengan lantai kayu. Untuk finishingnya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan apakah ingin yang halus atau kasar. Lantai Granit memiliki tekstur alami yang akan membuat ruangan anda semakin menawan. Beberapa menggunakan lantai granit untuk ruangan depan hingga beberapa ruangan di dalam rumah seperti dapur misalnya.

  1. Lantai Beton

Lantai Beton sangat cocok untuk anda yang menyukai konsep minimalis dan gaya industrial. Beton tak hanya bagus untuk dijadikan garasi, sebagai interior rumah juga tak kalah bagus jika temanya sesuai. Anda bahkan bebas memberikan warna atau tekstur jika tidak ingin membiarkannya polos. Perawatan lantai rumah dengan material ini juga terbilang mudah untuk dibersihkan dan minim perawatannya. Lantai basement hingga dapur bisa menggunakan lantai ini.

Berbagai pilihan material yang bisa diaplikasikan pada lantai hunian sangatlah beragam. Tergantung masing masing selera dan konsepnya sehingga menghasilkan sebuah karya seni yang indah. Selain memperhatikan estetiknya juga harus memperhatikan perawatan hingga dana yang harus dikeluarkan. Untuk membuat anda mudah menentukan material pada hunian anda, anda bisa berkonsultasi dengan jasa arsitek yang anda gunakan agar semakin puas.