Manfaat Ikan Bawal bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi maka setiap orang membutuhkan asupan makanan yang berasal dari hewan maupun tumbuhan. Tentu saja asupan makanan tersebut diharapkan tidak hanya bisa memberikan rasa kenyang melainkan juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Salah saty sumber nutrisi bagi tubuh yang bagus untuk dikonsumsi yaitu ikan bawal. Dimana jenis ikan ini mudah diperoleh dan harganya juga cukup terjangkau.

Permintaan tehadap bawal di pasaran memang selalu meningkat seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang menyukai ikan ini karena rasanya yang juga enak. Bawal bisa diolah dengan cara digoreng, dibakar dan lain sebagainya. Dibalik rasanya yang enak dan gurih, ikan ini memiliki banyak manfaat yang belum banyak diketahui antara lain sebagai berikut.

  1. Membantu Meningkatkan Kecerdasan Otak
    Bawal mempunyai kandungan protein hewani yang bagus untuk menunjang pertumbuhan berbagai usia. Dimana jenis ikan ini kaya akan kandungan omega-3 sehingga dapat meningkatkan kecerdasa otak. Kandungan protein dan vitamin dalam bawal juga tak kalah bagus untuk kecerdasan otak.
  2. Mencegah Kolesterol Tinggi
    Kolesterol tinggi merupakan jenis banyak yang muncul akibat gaya hidup yang salah. Jika jumlah kolesterol jumlahnya berlebihan maka dapat mengendap dan menyumbat aliran darah. Untuk mencegah hal tersebut maka anda bisa mengkonsumsi bawal yang memiliki kandungan lemak tak jenuh, kolesterol baik serta minyak ikan. Berbagai kandungan tersebut dapat menghambat lemak jahat di dalam tubuh.
  3. Tekanan Darah Lebih Stabil
    Bawal mengandung zat besu yang bisa membantu tekanan darah agar selalu stabil. Tentu saja bawal sangat bagus dikonsumsi oleh penderita anemia akibat kekurangan zat besi. Selain itu bawal juga kaya omega-3 yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  4. Menurunkan Risiko Stroke
    Stroke adalah jenis penyakit yang berbahaya dan bisa menimbulka kerusakan permanen pada otak. Agar risiko stroke dapat dikurangi maka anda bisa mengkonsumsi bawal secara rutin.
  5. Mencegah Peradangan Pada Otak
    Munculnya peradangan pada otak disebabkan adanya peradangan jaringan otak serta bisa disebabkan oleh bakteri, virus maupun jamur. Untuk mencegah penyakit ini maka anda bisa mengkonsumsi bawal karena kandungan omega-3 dalam bawal dapat mencegah peradangan.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat ikan bawal yang belum banyak diketahui untuk menambah wawasan anda. Berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas tentu membuat anda tak perlu ragu mengkonsumsi bawal secara rutin sebagai menu harian keluarga.