Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Siapa sih yang tidak kena kopi? Iya kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari pejabat, supir, pedagang, mahasiswa, dan semuanya pasti suka dengan kopi. Selain itu kopi juga merupakan jenis minuman yang cocok untuk diminum kapan saja baik itu pagi hari, siang hari, sore hari, bahkan hingga malam hari. Kopi juga menjadi minuman yang cocok untuk menemani Anda dalam berbagai suasana mulai dari bersantai, beristirahan, melepas penat, dan lain sebagainya.

Selain menawarkan rasa yang begitu khas, kopi juga menawarkan aroma yang begitu istimewa. Selain kedua hal tersebut, ternyata kopi juga memiliki kandungan kafein dan antiosidan tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi tak heran jika kopi sering dijadikan pelarian bagi mereka yang penat dan stres akibat bekerja seharian, sebagai teman lembur agar tidak ngantuk, dan sebagai teman bersantai sambil mencari inspirasi.

pexels.com

Keistimewaan Kopi

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang istimewa. Secangkir kopi dibuat dari biji kopi yang telah dibakar kemudian digiling lembut menjadi bubuk kopi kemudian diseduh dengan menggunakan air panas. Kopi memiliki rasa dan aroma yang khas sesuai dengan jenisnya masing-masing. Kopi menawarkan kenikmatan yang luar biasa sehingga tak heren jika semua kalangan menyukai minuman ini.

Minum secangkir kopi dapat membangkitkan gairah seseorang untuk kembali menjalankan aktivitas dengan maksimal. Kopi juga dikenal memiliki khasiat dapat menunda kantuk serta dapat meningkatkan konsentrasi. Selain itu, kopi juga memiliki kandungan antioksidan dan kafein yang tinggi sehingga memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh. Kandungan kafein dan antioksidan yang tinggi dari kopi membuatnya juga memiliki manfaat positif dari dalam dunia kecantikan.

Kopi dapat digunakan sebagai masker yang cukup efektif untuk mengatasi berbagai masalah pada wajah mulai dari penuaan dini, jerawat, kulit kusam, hingga masalah mata panda pun bisa diatasi dengan masker kopi. Saat ini penggunaan kopi dalam dunia kecantikan pun mulai marak, karena memang terbukti memberikan khasiat yang luar biasa. Harga kopi terbaru pun juga tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan berbagai perawatan kecantikan lainnya.  Selain itu menggunakan kopi dalam dunia kecantikan juga merupakan hal yang aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

Dalam hal ini Anda dapat menggunakan kopi original atau bubuk kopi asli tanpa campuran untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Saat ini banyak yang jual kopi original sehingga Anda pun bisa dengan mudah menemukannya. Iya kopi memang istimewa, selain nikmat saat diminum, baik untuk kesehatan ternyata juga dapat digunakan sebagai perawatan wajah.

Di Indonesia sendiri memiliki banyak jenis kopi diantaranya kopi gayo, kopi toraja, kopi flores, kopi wamena, kopi jawa, dan kopi luwak yang memiliki harga jual yang tinggi. Iya meskipun beberapa diantaranya merupakan jenis kopi arabika, namun ternyata antara kopi arabika dari wilayah yang satu dan wilayah yang lain memiliki citarasa yang berbeda. Untuk itu Anda patut mencoba semuanya untuk menikmati sensasi minum kopi yang sangat nikmat.

pexels.com

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Kopi memiliki kandungan kafein dan kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Asalkan diminum secara rutin dan sesuai dengan takaran yang pas, maka kopi akan memberikan beberapa manfaat sebagai berikut:

Meningkatkan stamina dan performa

Kopi mengandung kafein yang ternyata dapat membantu tubuh untuk menyimpan energi ketika sedang berolahraga. Mengkonsumsi kopi sebelum berolahraga sebenarnya juga merupakan hal yang baik, asalnya Anda tidak memiliki penyakit asam lambung. Sebab kopi memiliki tingkat keasaman sehingga bisa berdampak kurang baik pemilik asam lambung.

Membuat otak lebih cerdas

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Havard ternyata juga membenarkan bahwa kopi dapat membantu mencerdaskan otak. Hal ini karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantu otak untuk berfungsi lebih baik dan membantu menambah daya ingat otak. Utuk itu tak heran jika kopi juga sangat cocok menjadi teman diskusi.

Membantu mengurangi resiko stroke

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa seorang yang mengkonsumsi kopi setiap hari secara rutin, maka 20% lebih rendah terserang stroke. Namun untuk mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, maka harus berhati-hati, sebab kopi juga memiliki efek dapat meningkatkan tekanan darah.

pexels.com

Dapat menambah nutrisi dalam tubuh

Sudah tau kah Anda bahwa kopi dapat membantu menambah nutrisi dalam tubuh? Mungkin masih banyak yang meragukan. Namun faktanya kandungan kafein di dalam kopi terdiri dari zat-zat seperti pantothenic acid, magnesium and naiacin, riboflavin, manganese and potassium yang dapat meningkatkan stamina pada tubuh.

Membantu meningkatkan produktivitas

Pastinya semua sudah tau bahwa kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari oleh mereka para pekerja keras. Iya hal ini karena kopi mengandung kafein yang tinggi yang dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja. Iya kafein yang terkandung di dalam kopi dapat memberikan efek stimulan ada saraf pusat sehingga membuat tubuh menjadi lebih produktif.

Nah itu dia beberapa manfaat kopi untuk kesehatan. Kopi menjadi minuman yang cukup banyak diminati karena memang selain menawarkan aroma dan rasa ternyata juga menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan.