Ketahui Apa Saja Informasi Terkait Dengan Prodi Kedokteran

Semua anak yang sudah lulus SMA ada kalanya berkeinginan meneruskan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi. Adapun salah satu prodi yang menarik dijadikan pilihan adalah prodi kedokteran. Mampu menyandang sebuah gelar sebagai dokter tentunya menjadi keinginan mereka yang berminat dalam prodi tersebut. Memang bukan hal yang mudah meraih sebuah gelar yang namanya dokter. Inilah mengapa anda perlu melalui berbagai langkah cukup panjang.

Apalagi sekarang ini untuk melanjutkan sebuah prodi dengan jurusan kedokteran memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Tetapi hal ini tidak akan mengurungkan niat banyak orang untuk meraih gelar kelulusan kedokteran. Sekarang ini sudah banyak sekali universitas yang menghadirkan jurusan kedokteran. Dari sini siapapun bisa dengan mudah menentukan pilihan ingin melanjutkan kuliah dimana.

Proses menempuh gelar sebagai seorang dokter

Meraih sebuah gelar kedokteran memang bukan hal yang mudah. Sebab anda harus menempuh banyak proses supaya mampu meraihnya. Kini sudah tersedia berbagai macam langkah yang harus ditempuh supaya mampu meraih prodi tersebut. Adapun untuk langkahnya yakni:

  • Kuliah sarjana

Tentunya siapapun berkeinginan meraih gelar sarjana kedokteran. Dimana anda bisa menempuh kuliah selama kurang lebih 4 tahun. Yang berbeda di sini ternyata kuliah kedokteran ini tidak lagi membutuhkan sistem SKS lagi. Dimana dalam 1 mata kuliah saja sudah mempunyai 3 SKS. Dari sini anda bisa menjadikannya bekal untuk meraih impian sebagai seorang dokter. Memang proses yang perlu anda lalui masih terbilang cukup jauh. Dimana anda harus melewati berbagai macam ujian hingga akhirnya nanti bisa lulus dari ujian tersebut.

pexels.com

  • Program profesi

Ketika anda sudah lulus kuliah sarjana tentunya anda perlu mendaftarkan diri untuk masuk dalam program profesi. Hal ini bertujuan supaya anda mampu meraih gelar kedokteran. Tentunya program yang telah diambil ini bertujuan untuk mendapatkan rotasi tempat praktik dengan gelar sebagai dokter. Program ini tentu saja penting sekali untuk dilalui supaya nantinya bisa meraih gelar dokter.

  • Melalui ujian sertifikasi

Ketika anda tadinya sudah melewati sebuah fase yang namanya program profesi maka anda bisa mengikuti sebuah ujian sertifikasi. Dimana program tersebut seringkali diadakan oleh Dinas Pendidikan Tinggi. Tentunya kini anda bisa mempelajari soal sbmptn saintek pada sebuah website terpercaya. Dimana nantinya anda bakalan menemukan banyak contoh soal ujian.

  • Proses magang

Ketika anda sudah lulus melalui sebuah ujian, tentunya anda berkesempatan mengadakan sebuah praktik. Tentunya praktik dokter ini bisa dilakukan baik di puskesmas maupun rumah sakit besar sekalipun. Pada tahapan dokter yang baru diangkat ini tentunya memperbolehkan anda memperoleh surat izin praktik hanya pada puskesmas setempat maupun rumah sakit tipe kelas C. saat sang dokter sudah menjalani magang selama satu tahun tentunya bisa mengajukan sebuah permohonan untuk peroleh SIP.

  • Menjadi dokter

Tentunya bukan hal yang mudah supaya mampu meraih gelar seorang dokter ini. Dimana anda harus melalui segudang proses yang terbilang cukup sulit. Selepas dari masa tatarannya tentu saja seorang dokter bisa menentukan pilihan kemanakah nantinya akan melangkah. Jika memang sekarang ini masih berminat menjadi dokter tentunya bisa dilanjutkan dengan mengambil sebuah program spesialisasi. Sedangkan bagi anda yang kini merasa sudah turun pada lapangan tentunya bisa menentukan pilihan sebagai pengelola rumah sakit atau bahkan puskesmas.

pexels.com

Beberapa point penting yang perlu dimiliki seorang dokter

Dengan memperhatikan segudang kegiatan, materi maupun durasi kuliah ini menjadikan banyak orang semakin tertantang. Apalagi kini anda bisa juga mempelajari banyak hal melalui edutore. Ada baiknya kini anda menyimak berbagai macam point penting sebagai bekal menjadi seorang dokter. Di antaranya:

  1. Mempunyai sikap sistematis sekaligus sigap

Memang sudah seharusnya sebagai calon dokter harus mempunyai sikap yang sigap. Dimana anda harus mampu mengatasi segala macam hal yang terjadi. Apalagi kini anda yang menjabat sebagai dokter baru biasanya banyak sekali tantangannya. Inilah mengapa para mahasiswa maupun mahasiswi berusaha bersikap sistematis. Alangkah baiknya anda mampu memahami segala macam pembahasan terkait dengan prodi kedokteran.

  1. Mempunyai pengetahuan lebih mendalam dan lengkap

Memang sudah seharusnya hal ini dimiliki oleh mereka para mahasiswi/a kedokteran. Dimana mereka harus mempunyai pengetahuan lebih lengkap dan mendalam. Tentunya pengetahuan yang sangat dibutuhkan adalah bidang kimia maupun biologi. Hal ini tak lain dikarenakan seorang dokter bukan hanya memberikan penanganan terhadap tubuh pasien. Namun ternyata juga harus mampu memberikan resep obat yang bisa menyembuhkan penyakit pasien.

  1. Etos pelayanan terbilang kuat

Siapapun orangnya terlebih orang yang sedang sakit tentunya membutuhkan penanganan lebih khusus. Kali ini seorang dokter harus mempunyai etos pelayanan yang terbilang kuat. Dimana mereka harus mampu memberikan pelayanan terbaiknya. Menjadi seorang dokter spesialis memang bukan hal yang terbilang mudah. Ada banyak sekali serangkaian langkah maupun proses yang perlu mereka lewati. Berbagai

teman-teman Quipperian bisa lihat untuk menjadi seorang dokter spesialis, langkah-langkah yang harus ditempuh melibatkan proses pelayanan tanpa henti. Praktik di puskesmas, rumah sakit daerah tertinggal, hingga praktik di Unit Gawat Darurat yang bisa mencapai 24 jam.