Syarat-Syarat Wajib Salat Lima Waktu Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Sholat merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh umat muslim. Sholat yang dimaksud disini adalah sholat lima waktu yang sering juga disebut sebagai sholat fardhu. Ibadah sholat wajib mulai dilaksanakan dari waktu shubuh pada pagi hari hingga waktu isya pada malam hari.

Sama seperti ibadah-ibadah lainnya, sholat lima waktu memiliki syarat yang harus dilakukan jika ingin melakukan ibadah. Seperti yang dilansir dari situs hasana, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai perintah sholat wajib dan juga syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika akan melakukan ibadah sholat.

Perintah Sholat

Sholat lima waktu adalah ibadah yang hukumnya wajib atau fardhu ain, wajib dikerjakan dan tidak boleh ditinggalkan. Jika melakukannya maka akan mendapatkan pahala dari Tuhan. Sebaliknya ketika meninggalkan sholat akan mendapatkan dosa. Bahkan pada akhir kehidupan, ibadah sholat lima waktu menjadi amalan pertama yang akan dihitung atau di hisab.

Karenanya seluruh umat muslim di seluruh dunia harus menegakkan sholat lima waktu seperti yang diperintahkan oleh Tuhan. Namun tidak asal melaksanakannya karena sebagai umat muslim anda juga harus memahami apa saja syarat yang harus anda penuhi agar ibadah sholat sah dan diterima oleh Tuhan.

Syarat Sah Sholat Wajib

Ada beberapa syarat sah sholat yang harus anda pahami. Yang pertama adalah harus menutup aurat, untuk pria maupun wanita. Sehingga pastikan terlebih dahulu pakaian yang anda kenakan telah menutup aurat. Lebih baik pakaiannya tidak terlalu kecil sehingga tidak akan terbuka ketika melakukan gerakan-gerakan sholat. Tidak hanya itu saja, disarankan untuk menggunakan pakaian yang baik, bersih dan juga rapi.

Yang kedua adalah suci dari hadas, besar maupun kecil. Yang dimaksud dengan hadas kecil adalah semua hal yang dapat membatalkan wudhu, seperti buang air kecil maupun besar dan juga kentut. Sedangkan yang dimaksud dengan hadas besar adalah ketika seorang pria mengalami mimpi basah atau ketika seorang perempuan sedang haid, setelah melahirkan dan nifas. Untuk orang-orang yang mengalami hadas besar, maka wajib melakukan mandi besar untuk mensucikan diri.

Yang ketiga adalah sudah masuk waktu sholat, apabila anda melakukan sholat magrib padahal masih masuk waktu sholat ashar, maka sholat anda tidak akan diterima. Oleh sebab itulah hendaknya jangan sampai lupa atau salah waktu sholat. Pastikan sebelum sholat, waktu sudah menunjukkan masuk waktu sholat.

Yang keempat adalah sholat dengan menghadap kiblat. Arah kiblat merupakan arah yang menghadap ka’bah atau Masjidil Haram. Yang kelima dan tidak kalah penting adalah setiap orang yang melaksanakan sholat sudah beragama islam, sudah aqil baligh dan juga berakal. Sebenarnya tidak papa jika masih anak-anak untuk melakukan sholat, namun bagi anak-anak yang belum aqil baligh sifatnya tidak wajib.