Tips Memilih Furniture Interior dan Eksterior Rumah

Dalam menata sebuah ruangan anda harus memperhatikan segalanya agar ruangan jadi terlihat lebih indah, memiliki konsep dan nyaman untuk ditempati.

Salah satu hal yang paling penting yang harus ada dalam suatu ruangan adalah furniture, entah itu untuk ruang tamu, ruang depan, ruang keluarga, ruang makan, bahkan untuk ruang dapur sekalipun harus di perhatikan dengan detail penataannya.

Jika semua sesuai penataanya, sesuai pada tempatnya maka rumah anda akan terlihat lebih rapih, bersih meskipun rumah anda sederhana. Begitupun jika anda akan memilih furniture sebagai pelengkap perabotan dalam ruangan anda, maka anda harus memperhatikan luas ruangan, konsep ruangan, barang-barang yang ada di ruangan serta kegunaan ruangan tersebut.

Sekarang ini terdapat banyak pilihan furniture yang dapat anda pilih sesuai dengan keinginan anda mulai dari furniture lokal yang sudah terkenal ke seluruh dunia yaitu Furniture Jepara, atau furniture modern yang di produksi oleh luar negri yang juga sudah banyak di jual di Indonesia.

Untuk itu agar anda tidak salah pilih dalam memilih furniture yang pas, cocok dan sesuai dengan ruangan anda maka anda perlu mengetahui tips-tips bagaimana cara memilih furniture yang tepat.

Sehingga rumah anda akan terlihat lebih indah dan tidak berantakan karena furniture yang ada sesuai dengan ruangan yang anda miliki. Berikut tips-tips memilih furniture yang dapat di jadikan acuan untuk anda ketika anda akan membeli furniture sebagai pelengkap perabotan rumah anda.

Tips Memilih Furniture Interior dan Eksterior Rumah

unsplash.com

Pilih Ukuran Furniture

Hal yang pertama yang perlu anda perhatikan adalah memilih ukuran furniture, misal jika anda memiliki rumah yang minimalis dengan keterbatasan space ruang yang ada maka anda cukup memilih furniture yang simpel, kecil dan lebih baik lagi jika memilih furniture yang bisa multiguna.

Karena hal ini akan sangat membantu anda agar anda tidak terlalu banyak barang di rumah sehingga rumah menjadi penuh sesak.

Namun sebaliknya jika anda memiliki rumah yang besar maka anda bebas memilih ukuran furniture sesuai yang anda inginkan karena rumah yang besar cenderung cocok untuk segala macam furniture mau itu yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil.

unsplash.com

Perhatikan Kualitas Furnitur

Selanjutnya anda perlu memperhatikan kualitas dari furniture tersebut, bisa berupa bahannya maupun keawetannya. Furniture merupakan barang yang akan di gunakan dalam jangka waktu yang lama sehingga anda perlu memperhatikan bahan dari furniture agar awet dan tahan lama.

Jangan tergoda dengan iming-iming furniture murah karena bisa saja furniture murah menggunakan bahan yang cepat rusak bahkan bisa rusak dalam hitungan bulan yang mana justru akan membuat anda rugi sendiri.

Jika membeli furniture jenis kayu maka perhatikan jenis kayu tersebut apakah mudah rapuh, mudah terkena rayap atau cepat patah atau tidak dan jika furniture berbentuk sofa maka perhatikan jenis sofa apakah busanya cepat kempes atau tidak, bahannya mudah robek atau tidak dan apakah mudah di bersihkan atau tidak.

Fungsi Furniture

Fungsi dari furniture juga perlu di perhatikan, ketika anda akan membeli furniture pastikan fungsi dari furnitur tersebut, karena percuma jika anda membeli sebuah furnitur kemudian tidak cocok dengan kondisi ruangan dan akhirnya terbengkalai dan tidak berfungsi dengan maksimal.

Misalnya anda anda membeli lemari untuk menyimpan hiasan namun karena rumah anda kecil sehingga akhirnya yang harusnya difungsikan sebagi menyimpan hiasan malah di alih fungsikan sebagai penyimpan buku atau barang lainnya yang bahkan tidak sesuai jika di letakan di lemari tersebut.

unsplash.com

Pilihlah Warna Yang Sesuai dengan ruangan anda

Warna meskipun terlihat sepele namun menjadi bagian yang cukup penting ketika anda akan memilih furnitur, perhatikan warna furnitur yang akan anda beli dengan warna cat rumah anda.

Karena jika furnitur terlihat terlalu mencolok juga tidak bagus karena akan menimbulkan kesan norak atau berlebihan.

Begitupun jika furnitur terlalu pucat maka furnitur akan terlihat kusam dan bahkan terlihat seperti furnitur yang sudah lama yang perlu di ganti. Oleh karena itu sebelum anda membeli furnitur anda harus memperhatikan cat ruangan rumah anda terlebih dahulu.

Seusuaikan dengan budget

Ini merupakan yang paling penting yaitu sesuaikan dengan budget yang anda miliki, saat ini banyak furniture yang memiliki harga yang cukup terjangkau jadi jika anda hanya memiliki budget yang pas-pasan alangkah baiknya anda memilih furnitur yang sesuai dengan budget anda.

Meskipun saat ini sudah banyak toko furnitur yang menyediakan sistem pembayaran kredit namun anda perlu pikir ulang kembali jika akan kredit furnitur karena furnitur bukanlah investasi, furnitur merupakan kebutuhan pokok perlengkapan rumah.

Jika anda membeli furnitur dengan cara kerdit anda akan rugi karena sama saja anda membayar hampir dua kali lipat, setelah itu ketika anda menjualnya kembali harganya sangat merosot.

Itulah beberapa tips yang perlu anda perhatikan ketika anda akan membeli furnitur untuk melengkapi keperluan perabotan rumah anda, semoga tips ini bermanfaat dan dapat menjadikan pertimbangan ketika anda akan membeli furnitur sehingga anda tidak rugi dan memiliki furnitur berkualitas sesuai yang anda harapkan.