Fungsi Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil merupakan salah satu bagian tulang yang tergolong pada sistem gerak atas manusia. Tulang pengumpil merupakan tulang panjang dengan bentuknya seperti pipa yang menjadi salah satu bagian tulang penyusun lengan bawah. Tulang pengumpil memanjang dari sisi laterial atau menjauhi garis tengah siku hinga menuju ke arah ibu jari pergelangan tangan. Tulang pengumpil juga disebut tulang radius. Tulang ini memiliki dua ujung dengan ukurannya yang lebih pendek dari tulang ulna atau tulang hasta yang terletak di bagian sisi bawah.

Setiap satu lengan manusia terdapat dua tulang pengumpil, jadi dalam satu sistem anggota tubuh manusia terdapat 4 buah tulang pengumpil. Tulang pengumpil memiliki satu pusat osifikasi primer yakni di tengah poros yang akan muncul ketika janin memasuki minggu ke delapan. Kemudian tulang pengumpil juga memiliki dua pusat osifikasi skunder yang mana satu terletak pada ujung distal. Bagian ini muncul ketika anak memasuki usia  2 tahun. Kemudia yang kedua yakni ujung proksimal yang muncul ketik anak berusia sekitar 5 tahun. Tulang pengumpil menjadi penyambung antara tulang humerus, scaphold, tulang hasta, dan tulang lunate.

Fungsi Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil merupakan salah satu tulang yang memiliki peran penting dalam sistem gerak atas manusia. Tulang pengumpil juga memiliki beberapa fungsi yakni sebagai berikut:

  • Tulang pengumpil berfungsi sebagai penyusun kerangka pada lengan bawah yang mana sebagai bagian dari kerangka alat gerak atas manusia. Dan inilah yang menjadi fungsi utama dari tulang pengumpil.
  • Sebagai tempat melekatnya otot-otot lengan.
  • Tulang pengumpil memungkinkan adanya gerak memutar atau rotasi karena memiliki sendi putar.
  • Tulang pengumpil menjadi salah satu penyusun bagian bawah bersama dengan tulang hasta.
  • Memungkinkan adanya gerak membengkok karena memiliki sendi engsel.
  • Tulang pengumpil dapat mengendalikan pergerakan siku dan lengan dengan adanya bantuan otot.
  • Tulang pengumpil dapat berperan dalam geram gerakan pergelangan tangan.
  • Tulang pengumpil berperan dalam produksi sel darah yang sebab adanya sumsum tulang yang banyak .
  • Tulang pengumpil membentuk sendi peluru pada pergelangan tangan bersama dengan tulang hasta dan tulang pergelangan tangan.
  • Tulang pengumpil memungkinkan terjadinya gerakan fleksi dan ekstensi karena adanya otot bisep.
  • Tulang pengumpil sebagai tempat melekatnya otot bisa yang memanjang dari ujung lengan atas.
  • Tulang pengumpil bersama tulang bisep dapat bekerja hingga tangan mampu mengangkat benda keatas.
  • Memungkinkan terjadinya gerakan abduksi pada lengan tangan.
  • Tulang pengumpil bersama tulang hasta menyambung dengan tulang lengan bagian atas melalui sendi engsel pada bagian siku.

Nah itu dia beberapa fungsi dari tulang pengumpil. Cukup banyak bukan? Iya bagi Anda yang ingin terus mengupdate pelajar seputar tulang di dalam tubuh manusia, Anda dapat mengunjungi materibelajar.co.id dan dapatkan banyak pengetahuan di dalamnya.

pexels.com

Bagian-bagian Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil merupakan bagian dari tulang lengan bawah. Tulang pengumpil juga bersambungan dengan beberapa tulang lainnya mulai dari tulang hasta, tulang atas, dan sebagainya. Secara garis besar, tulang pengumpil dapat dibedakan menjadi beberapa bagian sebagai berikut:

  1. Tulang pengumpil bagian atas

Tulang pengumpil bagian atas terdiri dari bagian leher, kepala, dan radial tuberosity. Pada bagian kepala terdiri dari tulang yang membentuk piringan yang ditutupioleh tulang rawan hialin yang merupakan sambungan seluruh kapitulum. Nah dari sini kemudian menciptakan sambungan humero radial yang menghubungkan antara tulang pengumpil dengan tulang humerus. Bagian kepala pada tulang pengumpil sangatlah halus dan tersambung dengan tulang hasta yang dikelilingi oleh ligamen anular. Kemudian bagian leher memiliki bentuk yang menyempit tepat dibawah kepala dan diapit oleh ligamen annular. Kemudian pada radial tuberosity adalah bagian posterior yang menutupi bagian anterior yang halus dan memisahkan dari otot tendon bisep.

  1. Tulang pengumpil bagian batang

Tulang pengumpil memiliki batang yang panjang dengan bentuk cembung memanjang. Antara kedua ujung atas dan bawah tulang pengumpil bentuknya meluas hingga ke ujung distal dan membentuk cekung pada bagian distal. Nah bagian batang sendiri memiliki beberapa tepian yaitu sebagai berikut:

  • Bagian tepi batang

Bagian tepi batang anterior masuk ke bagian bawah anterolateral tuberositas radialis ke arah bawah lateral styloid yang mana bagian atas tepi anterior ini dapat membentuk garis miring anterior pada tepi lateral di permukaan anterior. Kemudian terdapat bagian tepi posterior yang merupakan bagian dari batang tulang pengumpil yang letaknya dibagian sepertiga tengah panjang batang. Kemudian pada bagian atas tepi posterior mengarah keatas atau arah radial tuberosity dengan membentuk garis serong. Dan satu lagi yakni bagian tepi medial yang merupakan bagian tepi paling tajam.

pexels.com

  • Bagian tepi permukaan batang

Bagian permukaan batang terdiri dari tiga bagian yakni permukaan anterior yang membentuk cekung dengan posisinya yang berada diantara batas anterior dan ineroseus. Kemudian terdapat bagian permukaan posterior, dan permukaan lateral.

  1. Tulang pengumpil bagian bawah

Pada bagian bawah tulang pengumpil terdapat daerah yang luas dengan lima permukaan yang diantaranya permukaan anterior, permukaan medial, permukaan posterior, permukaan lateral yang memanjang dan menyempit, dan permukaan inferior.