Bukankah Sudah Memiliki Akuntan, Lalu Untuk Apa Software Akuntansi?

Bagi yang belum tahu manfaat utamanya, memang normal jika menanyakan tentang untuk apa software akuntansi tersebut. Berbeda jika sudah mengetahui manfaat dan kelebihannya. Hampir pasti pebisnis akan senang hati untuk menginvestasikan uangnya untuk membeli software tersebut.

Software ini bisa menjadi alat bantu dalam melakukan pencatatan dan pengelolaan keuangan perusahaan dengan lebih akurat. Keberadaannya bisa meminimalkan salah input yang disebabkan oleh human error. Bahkan bisa meminimalisir kebocoran yang mengakibatkan bisnis mandek di tengah jalan.

Peran Penting Seorang Akuntan Di Dalam Perusahaan

pexels.com

Sebelum mengulas tentang untuk apa software akuntansi ini, ada baiknya Anda mengenal peran dari seorang akuntan di sebuah perusahaan. Seorang akuntan memiliki peran yang sangat krusial di dalam perusahaan. Bisa dikatakan bahwa akuntan yang mengontrol seluruh kegiatan di dalam perusahaan.

Tugas utamanya adalah membuat perhitungan secara akurat. Mulai dari perhitungan neraca keuangan yang melibatkan pemasukan dan pengeluaran, sampai melaporkan hasil kinerja perusahaan pada pemiliknya. Laporan ini sifatnya sangat penting untuk menunjang kelangsung dari sebuah perusahaan.

Ketika perusahaan memiliki seorang akuntan yang professional, kinerja perusahaan akan lebih maksimal. Pucuk pimpinan mampu mengambil keputusan yang tepat untuk melakukan sejumlah perubahan. Contohnya adalah mengambil sebuah keputusan yang berkaitan dengan strategi pemasaran sebuah produk.

Tidak hanya itu saja, pucuk pimpinan juga bisa menambah permodalan dari rujukan laporan yang telah dibuat oleh seorang akuntan. Misalnya bila perusahaan butuh stok barang yang sangat besar demi meningkatkan omset, perusahaan bisa memperhitungkan besaran modal yang dibutuhkan di bulan berikutnya.

Alasan Seorang Akuntan Butuh Software Akuntansi

pexels.com

Tugas akuntan cukup berat dan jlimet. Seorang akuntan harus memahami bagaimana membuat laporan yang baik. Setidaknya, laporan yang dibuat bisa dipahami dengan mudah ketika disodorkan pada pemilik perusahaan.

Jlimetnya pembuatan laporan terkadang membuat seorang akuntan harus melakukannya beberapa kali. Hal ini membuat seorang akuntan harus bekerja lebih keras. Bahkan bisa memakan waktu yang cukup lama.

Namun keberadaan software akuntansi setidaknya akan memberikan bantuan yang sangat besar. Software ini sudah dibuat secara sistematis. Di dalamnya sudah disediakan kolom-kolom khusus yang berhubungan dengan skema perhitungan laporan keuangan.

Seorang akuntan yang sudah memiliki kemampuan dalam sistem perhitungan akan semakin cepat melakukannya. Semakin cepatnya dalam melakukan perhitungan membuat laporan ini lebih cepat diketahui oleh pemilik perusahaan. Dengan begitu, tidak ada banyak waktu yang terbuang untuk mengambil keputusan kedepannya.

Selain mempercepat urusan perhitungan, software akuntansi ini memungkinkan akuntan untuk menghindari kesalahan dalam input data. Segala hal yang berhubungan dengan transaksi sudah tertulis di dalamnya. Akuntan cukup memindahkan di kolom yang sudah disediakan.

Minimnya kesalahan membuat hasil laporan jauh lebih baik. Hasilnya bisa dipertanggung jawabkan. Oleh karenanya, tidak salah jika perusahaan mulai mencoba untuk memanfaatkan perangkat lunak tersebut.

Manfaat Software Akuntansi

pexels.com

Ada beberapa manfaat yang didapatkan pebisnis setelah menggunakan aplikasi tersebut. Diantara manfaat luar biasanya adalah sebagai berikut.

  1. Jika Terjadi Kesalahan, Tidak Perlu Mengulang Dari Awal

Tidak dipungkiri jika human error memang sering terjadi. Penyebabnya adalah kondisi akuntan yang mungkin sedang tertekan. Atau, akuntan kurang jeli dalam melihat sejumlah transaksi.

Kondisi ini lantas membuat akuntan keliru memasukkan data. Akibatnya, hasil akhir yang didapatkan tidak sesuai dengan rencana awal.

Bagi yang membuat laporan secara manual, kesalahan ini membuat akuntan harus mengulang dari awal. Seorang akuntan harus mencari-cari berkas yang terselip atau belum dimasukkan. Akibatnya, laporannya tidak kunjung selesai di hari yang ditentukan.

Berbeda jika menggunakan software. Modul software ini sudah terintegrasi dengan sejumlah transaksi. Seorang akuntan akan lebih mudah untuk mengetahui keseluruhan transaksi. Lantas seorang akuntan cukup merubah beberapa part yang menimbulkan kesalahan tanpa harus mengulang dari awal.

  1. Data Akurat Dan Up To Date

Penyajian data dari software ini selalu diperbarui sesuai dengan laju perkembangan bisnis. Setiap transaksi akan tercatat tiap waktu. Hal ini membuat Anda tahu persis mengenai kinerja karyawan di perusahaan Anda.

Dari sajian data ini, Anda tidak akan salah langkah kedepannya. Data akurat dan baru memungkinkan Anda untuk mengambil beberapa kebijakan. Dan inilah yang akan segera membuat bisnis lebih maju.

  1. Meningkatkan Efektifitas Pekerjaan

Dengan bantuan kecanggihan teknologi, pencatatan laporan keuangan akan semakin cepat. Kecepatan dalam pengerjaannya membuat waktu Anda tidak terbuang percuma. Bahkan semakin terkendali jika dipegang oleh seorang akuntan.

Menyadari beberapa manfaat di atas, tidak salah jika software ini disediakan di dalam perusahaan. Anda bisa mempercayakan pengoperasiannya pada akuntan agar hasilnya lebih baik. Itulah pentingnya sebuah software. Jadi, masihkah Anda bertanya untuk apa software akuntansi?