Yuk Intip Apa Saja Pesona Destinasi Wisata Raja Ampat

Bagi para wisatawan destinasi Raja Ampat adalah surga yang tersembunyi. Keindahan bawah laut yang dimiliki adalah primadona yang diakui seluruh dunia, dan ingin menjadi saksi pesona wisata ini. Meski akses transportasi ke Raja Ampat masih sangat terbatas, namun tidak menyurutkan minat para wisatawan untuk berkunjung. Ada banyak wisata Raja Ampat yang bisa dinikmati, dan yang paling populer ialah aktivas snorkelingnya.

Keindahan Alam Raja Ampat yang Membuatmu Terkesima

  1. Berpetualang di Misool3

Untuk menikmati segala keindahan Raja Ampat, anda harus mengencangkan isi dompet. Bagaimana tidak destinasi yang tersedia benar-benar tidak bisa dilewatkan. Seperti halnya jika berkunjung ke Misool. Menginjakkan kaki di Misool tandanya anda sudah menyentuh surga Papua ini. Anda akan menikmati perjalanan dan petualangan Indonesia Timur diatara gugusan pulau. Bentangan alamnya sungguh potrait pemandangan yang tidak terlupakan.

Pengunjung bisa menyelami setiap relungan di perairan, bagian laut pada salah satu empat pulau besar yang  luar biasa dan istimewa. Jernihnya lautan yang didominasi warna biru, hingga terlihat bagian dalam laut. Pulau-pulau yang berwarna hijau menambah  kesan asri pemandangan yang terpampang. Bahkan pengunjung bisa bersnokeling, sambil menikmati pesona indah bawah laut.

  1. Laguna Indah di Star Lagoon

Definisi Laguna adalah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut, dihalangi oleh hamparan pasir atau kumpulan batu karang. Di Raja Ampat terdapat laguna berbentuk bintang yang disebut Star Lagoon, tepatnya di pulau Pianemo. Dilengkapi dengan deretan bukit karang yang menggambarkan keindahan alam yang dimiliki. Sekelilingnya adalah bentangan batu karang yang berdiri kokoh dan gagah, seolah memperlihatkan keangkuhan wisata Raja Ampat.

Di bagian tengah diisi oleh air laut yang berwarna hijau kebiruan. Saking jernihnya hingga sinar matahari  dapat menembus sampai dasar laut. Agenda berenang bersama teman-teman atau keluarga tidak boleh dilewatkan. Arus air yang tenang menambah kenyamanan saat sedang snorkeling, atau sekedar mengapung di permukaan. Saat berkunjung ke Star Lagoon jangan lupa siapkan amunisi kamera, spot-spot cantiknya perlu diabadikan.

stocksnap.io

  1. Batu Pensil Gambaran Monumen Ikonik

Di Raja Ampat ada monumen yang terbentuk dari erosi air laut. Berbentuk karang yang menjulang, dan berdiri sendiri di tengah Teluk Kabui. Destinasi ini sering disebut Batu Pensil, yang terbentang seolah membelah lautan. Saking terkenalnya wisatawan sering mengabadikan momen foto di spot ini. Tegapnya  batu karang yang berdiri, seakan menantang pengunjung untuk mampir sejenak. Anda disarankan mengambil foto karena suasana Batu Pensil menampilkan kesan apik dalam kamera.

  1. Wayag Menjadi Ikon Raja Ampat

Wayag menjadi destinasi utama yang wajib dikunjungi, dan tujuan awal saat pertama menjejakkan kaki di Raja Ampat. Selalu menjadi latar andalan untuk mengambil foto, berbagai pose bahkan tidak bisa diabaikan sedikitpun. Pesona pulau Wayag membuatnya jadi ikon wisata Raja Ampat. Sebuah pulau spesial yang dianggap sebagi surganya Papua. Gugusan karang dan ratusan jenis ikan yang ada, suatu keindahan yang tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata.

Wayag merupakan jejeran batu karang yang berbalut warna hijau, berada di tengah lautan biru yang membentang luas diatas permukaan air. Perpaduan karang dan laut ini menyajikan panorama luar biasa indah, salah satu alasan mengapa Raja Ampat begitu mendunia. Bahkan saat dilihat dari atas bukit anda akan mendapatkan momen mengesankan yang tiada duanya.

stocksnap.io

  1. Kumpulan Pulau Hijau di Pianemo

Banyak pengunjung yang mengatakan bahwa Kepulauan Pianemo adalah miniatur Wayag. Hal ini karena pemandangan yang terdapat disini mirip dengan pulau Wayag. Tapi bedanya untuk menjangkau pulau ini membutuhkan sedikit perjuangan. Namun semua lelah akan terbayar, bahkan saat pertama kali melangkahkan kaki. Keindahan pulau Pianemo seolah anda terjebak didalamnya, dan tidak ingin beranjak secepat mungkin.

Pulau ini berada di Distrik Waigeo Barat masih sekitar kawasan wisata Raja Ampat, dan baru bisa diakses saat menjelang pagi tiba. Pengunjung akan diantarkan menggunakan speedboat, berangkat dari Waisai menuju Pianemo mulai pukul 6 pagi. Setelah sampai anda akan disuguhkan pesona alam yang nyata, warna hijau alami dengan bau angin semilir khas pinggir pantai. Membentang anggun diatas birunya air laut yang menambah rileks pikiran.

  1. Pasir Putih di Pulau Salawati

Hamparan pasir putih di sepanjang pantai dengan keeolakan laut biru ditengah-tengahnya. Pulau Salawati berhasil masuk daftar wisata yang wajib dikunjungi saat ke Raja Ampat. Sangat populer di kalangan wisatawan yang gemar menjelajah daerah Indonesia Timur. Tidak hanya menikmati salah satu wisata Raja Ampat yang membentang apik, keberadaan ikan pelangi juga menambah nilai keistimewaan tersendiri.

Selain itu Raja Ampat juga terkenal sangat menjaga adat istiadat setempat. Termasuk Pulau Salawati yang memiliki Tarian Wor, yang selalu menjadi tarian penyambut para wisatawan yang berkunjung. Masyarakat yang ramah akan membuat para pengujung betah berlama-lama di pulau ini. Disamping bersantai dan berbaur dengan masyarakat, anda juga bisa menjelajahi peninggalan sejarah bekas Perang Dunia II yang berada di Pulau Salawati.

stocksnap.io

  1. Menyelam Bebas di Pulau Kri

Di pulau Kri wisatawan dapat menemukan 374 spesies ikan saat melakukan aktivitas menyelam. Ada banyak jenis barakuda, batfish dan kakap yang hidup satu ekosistem dengan para ikan kecil. Terdapat pula jenis ikan kerapu hingga kura-kura yang menambah keberagaman biota laut. Oleh karena itu para wisatawan menobatkan pulau Kri sebagai tempat menyelam paling sempurna.

Arus laut wisata Raja Ampat ini tidak begitu kuat, sehingga pengunjung bisa menyelam hingga beberapa jam. Saat menyelam ke dalam, anda akan disuguhkan karang-karang yang terbentuk sempurna. Berlokasi di Yenbuba sekitar Kabupaten Raja Ampat, tidak jauh dari Papua Barat. Jika ingin lebih lama menikmati wisata disini, anda bisa menginap di resor yang sudah disediakan.

Demikian ulasan terkait tempat wisata di Raja Ampat yang bisa dikunjungi. Untuk menuju Raja Ampat anda tinggal naik pesawat menuju Sorong, lalu melanjutkan perjalanan sesuai destinasi wisata yang dipilih. Persiapkan budget yang cukup bahkan lebih, supaya siap sedia jika ada kebutuhan mendadak. Sebab berkunjung ke Raja Ampat perlu pesiapan perjalanan secara matang, untuk kelengkapannya bisa akses paket wisata agar liburan lebih tenang.