Cara Membuat Selai Strawberry Ala Rumahan

Saat mendengar kata strawberry, hal yang terbayang adalah rasanya yang asam-asam manis tetapi lebih cenderung pada rasa asamnya.

Walaupun demikian, strawberry tetap menjadi camilan lezat saat suasana dingin menyengat. Rasa asam yang tersaji mampu menyadarkan mata tetap terjaga ketika mengerjakan tugas. Rasa kantuk pun dapat hilang berkat hal tersebut.

Namun jika kamu kurang menyukai sensasi asam dari strawberry, maka kamu bisa menggantinya dengan mengkonsumsi olahan strawberry seperti selai yang manis dan menggugah selera.

Selain bisa didapatkan di toko-toko yang menjualnya, selai strawberry tentu saja bisa dibuat di rumah atau homemade. Keuntungan yang didapat dari membuat selai sendiri adalah selai yang kamu makan akan lebih sehat karena tidak mengandung pengawet juga menghemat pengeluaran.

Untuk membuat selai strawberry, ini dia bahan yang harus dipersiapkan dan langkah yang harus dilakukan:

Bahan-bahan yang diperlukan:

1 box strawberry atau setara dengan 200 gr strawberry

5 sdt gula pasir

3 sdt air lemon

2 sdt maizena yang sudah dilarutkan dalam air

Air secukupnya

Langkah-langkah Membuat Selai Strawberry:

  1. Cuci bersih buah strawberry. Potong buah membentuk kotak-kotak kecil. Jika ingin tekstur selai menjadi lebih halus, kamu dapat memblender buah strawberry hingga menjadi lembut agar tidak ada potongan kecil dalam selai.
  2. Ambil wajan berukuran sedang. Masukkan buah strawberry dan gula ke dalam wajan. Masak dengan cara diaduk terus menerus hingga campuran strawberry dan gula menjadi kental.
  3. Setelah campuran strawberry dan gula pasir mengental, masukkan lemon dan air. Cobalah untuk mencicipi rasa dari selai sebelum mencampurkannya dengan maizena. Jika kamu menyukai selai yang manis, kamu bisa menambahkan gula pasir. Jika tidak maka kamu bisa mengurangi komposisi gula pasir pada bahan sebelum dicampurkan.
  4. Setelah rasa sudah pas, aduk selai hingga rata. Kemudian masukkan maizena. Lalu aduk kembali selai strawberry hingga mengental atau tekstur yang diinginkan tercapai.
  5. Setelah mengental, matikan api dan dinginkan selai. Saat selai sudah mendingin masukkan ke dalam wadah kosong dan simpan di dalam lemari pendingin agar selai lebih awet dan tahan lama.