4 Daftar Aplikasi Eedit Video PC Gratis Terbaik

Kebutuhan industri video editor kini semakin maju. Hal ini tentunya membutuhkan banyak tenaga editor yang mengurusi proses pengeditan ini. Dalam melakukan suatu proses editing, pastinya kita membutuhkan aplikasi edit video. Dengan aplikasi tersebut terdapat berbagai fitur yang memang dibutuhkan dalam proses editing. Maka dari itu bagi anda para editor yang bingung mencari aplikasi mana yang cocok untuk digunakan dalam proses editing, khususnya di PC. Kami telah memberikan rekomendasinya untuk anda.

1. Corel Video Studio X7

Banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Corel Video Studio ini. Sebuah obligasi untuk mengedit video ini dikembangkan oleh perusahaan Corel. Dimana perusahaan Corel sangat terkenal dalam menelurkan aplikasi editor. Bahkan, perusahaan yang memang sudah lama di bidang perangkat lunak ini menjadi perintis dari software software andalan salah satunya adalah aplikasi VideoStudio Pro.

Sebuah keunggulan dari aplikasi Corel Video Studio Pro ini adalah ukurannya yang cukup ringan untuk digunakan dalam proses editing video sehari hati. Meskipun performanya cukup ringan, namun tetap saja fitur dari Corel ini tidak perlu diragukan lagi. Aplikasi Corel ini cocok digunakan untuk pemula yang baru belajar proses editing.

Kelebihan dari Corel VideoStudio Pro :

+ Aplikasinya sudah teruji dan memiliki reputasi baik dalam developer aplikasi multimedia yang terkenal

+ Ukuran dan performanya ringan dan sangat pas untuk PC yang memiliki spesifikasi terbatas.

Kekurangan dari Corel VideoStudio Pro :

– Untuk color adjustment di aplikasi ini masih sederhana

– Pilihan musiknya masih terbatas

2. AVS Video Editor

Selanjutnya ada aplikasi edit video yang tidak bolehnya lewatkan yaitu AVS Video Editor. Aplikasi ini termasuk pilihan editor video yang memiliki tampilan sangat interaktif. Sehingga software ini sangat mudah digunakan meskipun banyak fitur fiturnya. Aplikasi ini juga memiliki ukuran file yang tidak terlalu besar. Namun dibalik itu, aplikasi AVS Video Editor inu memiliki fitur yang lengkap bahkan bisa disandingkan dengan para persaingnya. Keunggulan lain dari aplikasi AVS Video Editor ini adalah dengab teknologi cache. Dimana teknologi cache ini memungkinkan proses penyuntingan video anda bisa berjalan dengan cepat dan juga lancar bahkan ketika kualitasnya FullHD. Dalam proses editingnya sendiri, aplikasi AVS Video Editor ini memiliki opsi timeline. Dimana fitur ini berguna untuk menyunting antara video, teks, efek ataupun audio.

pexels.com

Kelebihan:

+ Karena ukurannya yang ringan maka sangat cocok untuk digunakan di PC ataupun laptop yang memiliki spesifikasi rendah.

+ Terdapat fitur yang lengkap

+ Memiliki teknologi video cache yang memungkinkan proses editing video jadi lebih cepat

Kekurangan:

– Untuk tampilan interface terlalu sederhana, kurang pas untuk kalangan profesional

3. Windows Movie Maker

Selanjutnya ada sebuah aplikasi editor video yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini dibuat secara eksklusif untuk para pengguna PC dan laptop yang berbasis Windows. Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula yang belum terlalu memahami bahasa editing. Hal ini  dikarenakan fitur edit video di Windows Movie Maker masih sangat dasar. Untuk fiturnya juga bisa dibilang sangat terbatas. Bagi anda yang ingin memulai belajar mengedit bisa memulainya dengan aplikasi ini.

Kelebihan

+ Aplikasi ini gratis dan disediakan secara eksklusif untuk pengguna Windows

+ Fiturnya sangat basis dan simpel sehingga sangat mudah diikuti oleh pemula

Kekurangan:

– kurang pas untuk melakukan proses editing yang lebih advance karena teknologinya terbatas

– Tampilannya sangat sederhana dan tidak begitu pas untuk kalangan yang lebih profesional

– Fitur yang dibawakannya masih tergolong sederhana

pexels.com

4. Cyberlink PowerDirector 17 (Paling Ringan)

Jika anda mencari editor video yang paling ringan untuk digunakan maka kami sangat menyarankan anda untuk mendownload Cyberlink PowerDirector 17. Aplikasi ini diklaim memiliki performa yang ringan. Meskipun begitu fitur yang ditawarkannya juga cukup banyak. Selain itu proses penggunaannya juga tidak terlalu sulit. Aplikasi ini memiliki fitur uang cukup menarik yaitu Express Video yang memungkinkan anda bisa melakukan proses editing dengan cepat disamping melakukan proses editing secara manual. Untuk penggunaan dari aplikasi Cyberlink PowerDirector 17 inu bisa untuk editing profesional seperti 360 video editing, chroma key, color adjustment, motion tracking san lainnya. Keunggulan lainnya adalah aplikasinya bisa berjalan meski laptop anda tidak terlalu canggih. Cyberlink PowerDirector ininbisa berjalan di minimal RAM 2 GB.

Kelebihan:

+ Ukurannya yang ringan sehingga bisa digunakan pada PC yang spesifikasinya tidak terlalu mumpuni.

+ Disamping ukurannya yang ringan, aplikasi Cyberlink PowerDirector ini memiliki fitur yang cukup lengkap seperti motion tracking, color adjustment, chroma key dll.

Kekurangan:

– Jika dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro dan juga Sony Vegas Pro maka video yang dihasilkan, kualitasnya masih kalah

– Aplikasi ini kurang pas jika digunakan untuk kalangan profesional dan juga industri.

Spesifikasi Minimal untuk Cyberlink PowerDirector 17

Pastikan anda memiliki pc yang memiliki versi OS Windows 7/8/8.1/10 dengan prosesor Intel Core i-series or AMD Phenom II. Pastikan juga pc anda memiliki memori ukuran minimal 2 GB dengan Graphics 1 GB.