Jenis Dan Hikmah Puasa Sunnah, Muslim Wajib Tau

puasa sunnah

Salah satu ibadah sunnah yang dilakukan oleh kaum muslim yaitu puasa sunah. Dengan puasa sunnah ini kaum muslim mendapatkan cinta atau kasih Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Bahkan puasa sunnah ini merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan. Dengan melaksanakan ibadah puasa sunnah ini ada beberapa keuntungan yang dapat didapatkan. Seperti yaitu menjadi bagian dari orang-orang yang disayangi oleh Allah serta mendapatkan pahala dari ibadah yang dijalankan tersebut. Sisi lainnya yaitu dengan berpuasa seseorang akan menjadi lebih sehat dan juga kuat. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam pernah mengatakan bahwa Allah mencintai umatnya yang beriman sehat dan juga kuat.

Untuk melaksanakan ibadah puasa sunnah ini perlu suatu tekad. Tidak dapat dipaksa dari orang lain. Melainkan kehendak dari diri sendiri. Menjalankan puasa sunnah ini harus membulatkan tekad. Sehingga nantinya dapat mendapatkan rahmat kasih sayang dari Allah. Puasa sunnah tentu berbeda halnya dengan puasa wajib. Bahkan ketika menjalaninya bagi sebagian orang akan terasa lebih berat dibandingkan puasa wajib. Kenapa hal tersebut dapat terjadi karena seseorang seringkali merasa terpaksa dalam menjalankan ibadah puasa sunah tersebut. Waktu pelaksanaannya juga tidaklah di bulan Ramadan. Namun di waktu-waktu tertentu. Sehingga tidak semua orang menjalankan puasa tersebut. Tentu hal ini menjadi suatu godaan tersendiri.

Hikmah Puasa Sunnah

Hikmah Puasa Sunnah

ilustrasi Hikmah Puasa Sunnah (photo: pixabay.com)

Ada beberapa hikmah yang diperoleh ketika menjalankan puasa sunnah inilah beberapa hikmah nya.

  1. Melawan Hawa Nafsu

Yang pertama yaitu dapat melawan hawa nafsu. Berpuasa tidak hanya melawan menahan lapar dan dahaga namun juga menawarkan hawa nafsu. Kita berpuasa mulai dari pagi sampai sore hari. Sehingga dalam satu hari penuh beribadah. Dan hal tersebut dapat membantu untuk melawan adanya hawa nafsu. Mita akan berusaha untuk menahan marah dan lebih berusaha bersabar lagi.

  1. Hidup Sederhana

Hikmah yang selanjutnya yaitu hidup lebih sederhana. Di mana kita akan melatih diri kita untuk dapat menahan dari berbagai godaan yang ada. Kita akan senantiasa belajar menahan meskipun itu diperbolehkan oleh Allah dari berbagai hal yang bersifat duniawi. Hal tersebut semata-mata untuk mendapatkan Ridho dari Allah. Dengan berpuasa kita juga akan lebih mengerti atau merasakan dengan lingkungan sekitar. Di mana masih banyak yang lebih membutuhkan dibanding diri kita sendiri.

  1. Menjaga Kesehatan

Berpuasa sunnah juga dapat menjaga kesehatan kita. Karena dengan berpuasa dari pagi sampai sore hari lampung kita akan beristirahat. Organ tubuh akan bersih dan lambung istirahat karena kita seharian tidak mencerna makanan.

  1. Menjadi Ummat Muhammad

Dan yang terakhir yaitu menjadi umat Nabi Muhammad. Seperti yang kita ketahui bahwa dengan menjadi umat baginda Rasul kita dapat memperoleh  pahala dan senantiasa mendapat keridhaan dari Allah. Menjalankan ibadah puasa sunah ini merupakan sunnah dari Nabi Muhammad

Dalam Hadis disebutkan bahwa ketika kita menjalankan ibadah puasa baik itu merupakan puasa wajib maupun puasa sunnah kita akan mendapatkan beberapa keutamaan dari ibadah kita tersebut. Dalam suatu hadis disebutkan bahwa setiap amalan yang kita lakukan merupakan suatu tebusan atas dosa yang kita perbuat, namun kecuali amalan puasa. Karena amalan puasa ini merupakan semata-mata hanya untuk Allah. Dan Allah lah yang akan membalas kepada kita.

Dengan menjalankan ibadah puasa maka kita akan mendapatkan pahala ataupun ganjaran yang sesuai. Dikatakan bahwa salah satu sebab seorang muslim dapat masuk ke surga adalah karena ibadah puasanya. Bahkan bau mulut seseorang yang sedang berpuasa bagi Allah Subhanahu Wa Ta’ala lebih harum daripada bau minyak kasturi. Ketika seseorang menjalankan puasa maka suatu kenikmatan akan didapatkan ketika ia berbuka puasa dan juga ketika berjumpa dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Itulah keutamaan yang dimiliki oleh mereka yang menjalankan ibadah puasa baik itu puasa sunnah ataupun puasa wajib.

Waktu dan Jenis Puasa Sunnah

Waktu dan Jenis Puasa Sunnah

ilustrasi Waktu dan Jenis Puasa Sunnah (photo: pixabay.com)

Ada beberapa jenis puasa sunah yang dapat Anda jalankan. Seperti contohnya di bawah ini.

  1. Senin-Kamis

Puasa sunnah yang satu ini merupakan salah satu puasa yang dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad. Dijalankan setiap hari Senin dan juga hari Kamis. Faedahnya dapat bahwa kita dapat bersama ketika catatan amal baik buruknya kita dihadapkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

  1. Puasa Daud

Puasa ini dijalankan dengan cara yaitu sehari puasa dan juga sehari tidak. Puasa sunnah Daud ini merupakan puasa yang paling baik di hadapan Allah.

  1. Puasa Syawal

Puasa sunnah  ini dijalankan ketika kita  setelah selesai menjalankan puasa wajib di bulan Ramadhan. Yaitu tepatnya selama 6 hari  di bulan Syawal . Bagi yang ingin menjalankan puasa sunnah ini boleh dilakukan berturut-turut selama 6 hari atau boleh juga terpisah.

  1. Ayyaumul Bidh

Puasa sunnah ini dilakukan pada bulan hijriah tepatnya pada hari yang ke 13, 14, dan 15. Merupakan hari putih karena pada malam hari akan ada purnama yang bersinar. Dan sinar tersebut berwarna putih yang sangat menawan.

  1. Puasa Arafah

Puasa sunnah arafah merupakan puasa yang dapat dikerjakan 1 kali dalam 1 tahun. Tepatnya di bulan Dzulhijjah pada tanggal 9. Keutamaan dari puasa sunah ini adalah dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah ada selama setahun yang lalu.

Itulah beberapa jenis puasa sunah yang dapat Anda jalankan.  Jadwal puasa sunnah biasanya dapat berubah setiap tahunnya. Jika dilihat dari tanggal nasional. Sehingga selalu pastikan bahwa Anda menggunakan kalender Islam untuk menentukan jadwal puasa sunnah yang akan dijalankan. Namun sebelum menjalankan puasa sunah puasa wajib juga merupakan hal yang sangat penting.